Pengaruh pendapatan investasi dan surplus (defisit) underwrting dana tabarru' terhadap laba pada Perusahaan Asuransi Syariah umum murni (full fledge) yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan periode 2019-2022

Rachmawati, Restu Tri (2024) Pengaruh pendapatan investasi dan surplus (defisit) underwrting dana tabarru' terhadap laba pada Perusahaan Asuransi Syariah umum murni (full fledge) yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan periode 2019-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. COVER.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. BAB 1.pdf

Download (735kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB)
[img] Text (BAB III)
6. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img] Text (BAB IV)
7. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)

Abstract

Bisnis asuransi secara umum tujuannya yaitu untuk meningkatkan laba perusahaan. Pengelolaan investasi dan proses underwrting yang baik akan meningkatkan laba perusahaan. Pendapatan Investasi dan Surplus (Defisit) Underwriting Dana Tabarru’ merupakan dua faktor yang mempengaruhi laba perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pendapatan Investasi secara parsial terhadap Laba, juga seberapa besar pengaruh Surplus (Defisit) Underwriting Dana Tabarru’ secara parsial terhadap Laba. Dan seberapa besar pengaruh Pendapatan Investasi dan Surplus (Defisit) Underwriting Dana Tabarru’ secara simultan Terhadap Laba Perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif,analisis uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas;uji multikolineritas; uji heteroskedasitas; uji autokorelasi, analisis regresi linier berganda; analisis korelasi, analisis determinasi,dan analisis uji hipotesis yang terdiri dari uji signifikansi parsial (uji-t) dan signifikansi simultan (uji-f). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diolah dari laporan keuangan web resmi Otoritas Jasa Keuangan. Hasil penelitian menunjukkan Pendapatan Investasi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap laba perusahaan dengan nilai t_hitung > t_tabel (-0,692<2,085). Surplus (Defisit) Underwriting Dana Tabarru’ secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap laba perusahaan dengan nilai t_hitung > t_tabel (1,526<2,085). Kemudian Pendapatan Investasi dan Surplus (Defisit) Underwriting Dana Tabarru’ secara simultan berpengaruh signifikan terhadap laba perusahaan dengan nilai f_hitung > f_tabel (4,272>3,52)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Investasi; Surplus (Defisit) Underwriting Dana Tabarru’; Laba Perusahaan
Subjects: Financial Economics, Finance
Insurance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Restu Tri Rachmawati
Date Deposited: 16 May 2024 01:57
Last Modified: 16 May 2024 01:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87535

Actions (login required)

View Item View Item