Pengaruh kepemilikan institusional dan Return on Equity (ROE) terhadap kebijakan Dividen Payout Ratio (DPR) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah (ISSI) : Studi di PT.BISI International Tbk

Yuniardi, Eka Rahmah (2024) Pengaruh kepemilikan institusional dan Return on Equity (ROE) terhadap kebijakan Dividen Payout Ratio (DPR) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah (ISSI) : Studi di PT.BISI International Tbk. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_ BAB I.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena semakin banyak perusahaan yang berkembang dapat memberikan pengaruh positif terhadap perekonomian di Indonesia. Ini adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam membangun sistem perekonomian di Indonesia. Untuk itu perusahaan yang memiliki kinerja yang baik dapat meningkatkan nilai perusahaan, hal tersebut dapat dilakukan melalui keputusan keuangan perusahaan dengan cara memanajerial laba yang yang dimiliki perusahaan agar menguntungkan perusahaan dan menguntungkan para pemegang saham. Peneliti menduga bahwa adanya pengaruh Kepemilikan Institusional dan Return On Equity (ROE) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR). Selain itu, adanya perbedaan-perbedaan hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengindentifikasi pengaruh Kepemilikan Institusional secara parsial terhadap Dividen Payout Ratio (DPR), pengaruh Return On Equity (ROE) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) dan pengaruh Kepemilikan Institusional, Return On Equity (ROE) secara simultan terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) di PT. BISI International Tbk, priode 2012-2022. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan pada penelitian ini berasal dari laporan keuangan tahunan PT.BISI International Tbk priode 2012-2022. Analisis yang digunakan adalah Analisis Deskriftif, Uji Asumsi Klasik, Analisis Asosiatif, Analisis Regresi (sederhana dan berganda), Analisis Korelasi Pearson Product Moment (PPM), Analisis Koefisien Determinasi, dan Analisis Hipotesis (Uji T dan Uji F). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS For Windows Version 26.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kepemilikan Institusional secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) denga koefisien determinasi sebesar 0,36% dan thitung sebesar 0, 579. Return On Equity (ROE) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) dengan koefisien determinasi 20,1% dan thitung sebesar 1,503. Kepemilikan Institusional dan Return On Equity (ROE) secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) yakni koefisien determinasi 25,8% dan sisanya sebesar 74,02% dan Fhitung sebesar 1,392. Merupakan presentasi yang dipengaruhi dari faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan Institusional; Return On Equity (ROE); Dividen Payout Rratio (DPR);
Subjects: Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Eka Rahmah Yuniardi
Date Deposited: 15 May 2024 08:42
Last Modified: 15 May 2024 08:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87543

Actions (login required)

View Item View Item