Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Indofarma Tbk periode 2012-2022

Mus'ida, Tira (2024) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Indofarma Tbk periode 2012-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini adanya permasalahan pada Return On Equity perusahaan Indofarma Indonesia yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) pada tahun 2012-2022 yang terlihat fluktuatif. Return On Equity sebagai alat ukur profitabilitas perusahaan dipergunakan untuk mengukur keberhasilan dalam menghasilkan keuntungan bagi pemegang saham. Return On Equity diduga dipengaruhi oleh Current Ratio serta Debt to Equity Ratio. Laporan keuangan sangat penting bagi perusahaan karena dapat menunjukkan kinerja dan kondisi keuangan mereka. Tujuan dari laporan keuangan yakni untuk menyampaikan informasi terkait posisi keuangan, laba, beserta arus kas suatu perusahaan. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) terhadap Return on Equity (ROE) pada PT. Indofarma Tbk secara parsial, serta mengetahui pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return on Equity (ROE) pada PT. Indofarma Tbk secara parsial, mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return on Equity (ROE) pada PT. Indofarma Tbk secara simultan. Kerangka pemikiran penelitian adanya saling hubungan Current Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Return on Equity, karena Current Ratio dapat menjadi substitusi bagi Return on Equity dan perusahaan akan menggunakan kas yang dimilikinya sebagai salah satu sumber modal kerja. Ketika Current Ratio naik maka kenaikan terjadi pada Return on Equity. Begitu juga dengan Debt to Equity Ratio, kenaikan pada Debt to Equity Ratio akan menyebabkan kenaikan pula tingkat Return on Equity. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan data sekunder dari laporan keuangan 2012–2022. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik dan kuantitatif. Proses pengolahan data didukung oleh SPSS for Windows versi 29.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Current Ratio (CR) tidak berpengaruh terhadap Return On Equity (ROE), secara parsial Debt to Equity Ratio (DER) dan berpengaruh terhadap Return On Equity (ROE, Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) secara simultan berpengaruh terhadap Return On Equity (ROE).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Debt To Equity Ratio; Return On Equity
Subjects: Financial Economics, Finance > Money
Financial Economics, Finance > Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Tira Mus'i T Lala
Date Deposited: 21 May 2024 04:43
Last Modified: 21 May 2024 04:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87548

Actions (login required)

View Item View Item