Bimbingan keagamaan untuk meningkatkan motivasi sholat berjamaah pada santri: Penelitian di asrama putri Pesantren Persatuan Islam 76 Tarogong Garut

Rabbani, Fidya Audy (2024) Bimbingan keagamaan untuk meningkatkan motivasi sholat berjamaah pada santri: Penelitian di asrama putri Pesantren Persatuan Islam 76 Tarogong Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy

Abstract

Sholat berjamaah adalah sholat yang dilakukan secara bersama-sama antara imam dan makmum. Keutamaan dari sholat berjamaah ini lebih utama 27 derajat daripada sholat sendirian. Motivasi santri dalam melaksanakan sholat berjamaah di Asrama Putri Pesantren Persatuan Islam 76 Tarogong ini masih perlu ditingkakan, karena banyak santri yang sering meninggalkan sholat berjamaah dengan berbagai faktor yang berbeda-beda dan perbaikan dalam sholat, sehingga perlu adanya bimbingan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan kondisi motivasi santri dalam melaksanakan sholat berjamaah, (2) Menggambarkan proses bimbingan keagamaan yang dilakukan di Asrama Putri Pesantren Persatuan Islam 76 Taogong Garut, dan (3) Mendapatkan hasil dari bimbingan keagamaan untuk meningkatkan motivasi sholat berjamaah pada santri Asrama Putri Pesantren Persatuan Islam 76 Taogong Garut. Bimbingan kegamaan ini sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi sholat berjamaah pada santri dan membentuk karakter spiritualitas santri berdasarkan nilai-nilai keagamaan, serta sebagai upaya pendekatan diri kepada Allah yang dapat memberikan suatu ketenangan dan kebahagiaan dalam kehidupan, dan adanya ikatan kebersamaan dalam melaksanakan ibadah sebagai bentuk solidaritas antar umat muslim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk menggambarkan proses bimbingan keagamaan untuk meningkatkan motivasi sholat berjamaah pada santri. Adapun teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian akan di analisis dan ditarik menjadi sebuah kesimpulan hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kondisi santri yang meninggalkan sholat berjamaah disebabkan berbagai faktor, diantaranya: masih terikat dengan kegiatan di sekolah dan kurangnya kesadaran santri dalam melaksanakan sholat berjamaah (2) Proses bimbingan kegamaan untuk meningatkan motivasi sholat berjamaah ini dilakukan setiap hari pada setiap waktu sholat melalui metode klasikal dan kegiatan khusus setiap minggunya dengan metode kelompok yang sesuai dengan tahapan bimbingan yaitu tahap permulaan, tahap pertengahan dan tahap akhir. (3) Hasil dari bimbingan kegamaan untuk meningkatkan motivasi sholat berjamaah pada santri ini berjalan dengan baik dalam meningkatkan motivasi santri untuk melaksanakan sholat berjamaah di masjid. Hal ini terlihat semakin banyak nya shaff ketika sholat berjamaah, dan berkurangnya santri yang masbuq ataupun terlambat jamaah sholat, serta perilaku santri dalam melaksanakan sholat semakin baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Motivasi; Sholat Berjamaah
Subjects: Islam > Salat
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Fidya Audy Rabbani
Date Deposited: 15 May 2024 07:45
Last Modified: 15 May 2024 07:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87553

Actions (login required)

View Item View Item