Rahmawati, Lusi Indri (2024) Penerapan model talking stick berbantuan media ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA: penelitian tindakan kelas di kelas V MI Muhammadiyah 2 Sumbersari. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (206kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi temuan masalah yang terdapat pada kelas V MI Muhammadiyah 2 Sumbersari, yaitu rendahnya hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPA yang dibuktikan dengan nilai hasil belajar tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini terjadi karena beberapa siswa kurang memahami materi pembelajaran yang disebabkan kurangnya penggunaan model dan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Proses penerapan model talking stick berbantuan media ular tangga pada setiap siklusnya, 2) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model talking stick berbantuan media ular tangga, 3) Hasil belajar siswa setelah seluruh siklus dilaksanakan dengan menggunakan model takling stick berbantuan media ular tangga. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kemmis dan MC Taggart yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua tindakan dengan empat tahapan yang berulang yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Muhammadiyah 2 Sumbersari yang berjumlah 15 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil belajar siswa setelah diterapkannya model talking stick berbantuan media ular tangga pada pembelajaran IPA di kelas V MI Muhammadiyah 2 Sumbersari pada siklus I 72% dengan kategori baik, pada siklus II 83% dengan kategori sangat baik, dan siklus III 90% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya model talking stick berbantuan media ular tangga, pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 71 dengan ketuntasan klasikal sebesar 60% kategori cukup, pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 80 dengan ketuntasan klasikal sebesar 73% kategori baik, dan pada siklus III memperoleh nilai rata-rata 90 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100% kategori sangat baik. Hasil belajar setelah seluruh siklus dilaksanakan dengan menggunakan model talking stick berbantuan media ular tangga pada pasca siklus mengalami peningkatan dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar 91 dengan ketuntasan klasikal mencapai 100% dalam kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Talking Stick; Ular Tangga; Hasil Belajar |
Subjects: | Christianity > Education, Research Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Lusi Indri Rahmawati |
Date Deposited: | 17 May 2024 00:49 |
Last Modified: | 17 May 2024 00:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87574 |
Actions (login required)
View Item |