Kandungan surah Al-Jumu’ah dan tradisi pembacaannya setiap Jum’at pada santriwati : Studi Living Qur’an di Pondok Pesantren Al-Ma’mur Tangerang Banten

Rosiana, Indah (2024) Kandungan surah Al-Jumu’ah dan tradisi pembacaannya setiap Jum’at pada santriwati : Studi Living Qur’an di Pondok Pesantren Al-Ma’mur Tangerang Banten. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)

Abstract

penelitian ini mengeksplorasi kandungan Surah Al-Jumu’ah dan tradisi pembacaannya setiap Jum’at pada santriwati, dengan fokus pada praktik Living Qur’an di Pondok Pesantren Al-Ma’mur, Tangerang, Banten. Surah Al-Jumu’ah, surah ke-62 dalam al-Qur’an, memiliki signifikansi khusus bagi umat Islam karena membahas pentingnya shalat Jum’at, pengajaran dan pembelajaran serta pengingat akan kematian. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pimpinan dan santriwati di Pondok Pesantren Al-Ma’mur memahami isi Surah Al-Jumu’ah, Fokusnya juga meliputi tradisi pembacaan Surah Al-Jumu’ah setiap Jum’at, serta bagaimana praktik tersebut membentuk identitas keagamaan dan spiritualitas santriwati, Metode penelitian yang digunakan melibatkan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis teks al-Qur’an terkait tradisi pembacaan Surah Al-Jumu’ah. Hasil penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana ayat-ayat dalam Surah Al-Jumu’ah diinterpretasikan, dipahami oleh santriwati dan pimpinannya. Selain itu, penelitian ini juga dapat memberikan pemahaman tentang tradisi pembacaan Surah Al-Jumu’ah, memperkuat ikatan keagamaan dan spiritualitas santriwati, uniknya pembiasaan ini hanya dilakukan oleh santriwati saja tidak dengan santri putra, dampak yang dirasakan oleh santriwati pun beragam diantaranya : menjadi hafal surah Al-Jumu’ah, mendapatkan keberkahan, menambah semangat belajar, serta pemahaman tentang surah Al-Jumu’ah. Namun tidak semua santriwati merasakan dampak dari pembiasaan membaca surah Al-Jumu’ah ini seperti kelas 1 dan 2 smp.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Al-Jumu’ah; Living Qur’an; Santriwati
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Indah Rosiana
Date Deposited: 22 May 2024 07:45
Last Modified: 22 May 2024 07:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87586

Actions (login required)

View Item View Item