Pengaruh Net Profit Margin (NPM), Return On Equity (ROE) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap harga saham Perusahaan Subsektor Food and Beverage yang terdaftar pada Jakarta Islamic Index 70 (JII70) periode 2013-2022

Bagja, Raihan (2024) Pengaruh Net Profit Margin (NPM), Return On Equity (ROE) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap harga saham Perusahaan Subsektor Food and Beverage yang terdaftar pada Jakarta Islamic Index 70 (JII70) periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan ekonomi pada sebuah perusahaan, yang sangat bergantung pada kontribusi investor melalui investasi. Biasanya, investor potensial mengevaluasi performa perusahaan sebelum berinvestasi, termasuk memeriksa laporan keuangan untuk menentukan apakah perusahaan tersebut adalah tempat yang tepat untuk investasi. Selain itu, mereka juga mempertimbangkan harga saham perusahaan tersebut. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengatahui serta menganalisa pengaruh net profit margin secara parsial terhadap harga saham, pengaruh return on equity secara parsial terhadap harga saham, pengaruh debt to equity ratio secara parsial terhadap harga saham, dan pengaruh net profit margin, return on equity, dan debt to equity ratio secara simultan terhadap harga saham. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analsis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder dari laporan keuangan periode 2013-2022. Teknik anilisis yang digunakan meliputi, analisis regesi data panel, penentuan model estimasi, uji asumsi klasik, analisis uji hipotesis (uji t dan uji f) serta analisis koefisien determinasi. Dengan pengolahan data menggunakan software microsoft excel kemudian analisis statistik menggunakan software EViews 13. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa net profit margin secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, return on equity dan debt to equity ratio secara parsial berpengaruh signifikan terhadap harga saham, dan net profit margin, return on equity, dan debt to equity ratio secara simultan berpengaruh terhadap harga saham. Hasil pengujian koefesiendeterminasi (R2) dengan menggunakan common effect method memiliki nilai sebesar 0.202064. Hal ini menunjukkan bahwa variabilitas dari variabel independen sebesar 20,2% sedangkan sisanya sebesar 79,8% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: net profit margin; return on equity; debt to equity ratio; harga saham
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Raihan Bag Raihan Bagja
Date Deposited: 16 May 2024 01:30
Last Modified: 16 May 2024 01:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87589

Actions (login required)

View Item View Item