Pembingkaian fakta pemberitaan demo mahasiswa 11 April 2022 pada media online Inews.id: Analisis framing Model Zhongdan Pan dan Gerald M. Kosicki pada Inews.id edisi 10-14 April 2022

Prasetyo, Agus Mulyo (2024) Pembingkaian fakta pemberitaan demo mahasiswa 11 April 2022 pada media online Inews.id: Analisis framing Model Zhongdan Pan dan Gerald M. Kosicki pada Inews.id edisi 10-14 April 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy

Abstract

Tema framing media telah menjadi subjek utama dalam analisis komunikasi massa, menggambarkan cara media membentuk persepsi publik terhadap berita dan isu-isu tertentu. Framing media merujuk pada pemilihan dan penonjolan beberapa aspek dari suatu fenomena dan membuat mereka lebih menonjol dalam teks komunikasi, dengan tujuan memengaruhi evaluasi publik terhadap fenomena tersebut. Media massa seringkali menjadikan masyarakat sebagai kekuatan untuk menciptakan opini publik yang kemudian menjadi sikap khalayak dalam setiap peristiwa tidak terkecuali peristiwa politik. Salah satu fenomena politik yang terjadi yaitu demo mahasiswa 11 April 2022, BEM SI turun ke jalan dalam rangka demo penyampaian aspirasi rakyat di kawasan Monas dan DPR RI. Perisitiwa ini menjadi berita utama di semua portal media, salah satu media terkemuka seperti Inews.id tidak luput dalam memberitakan peristiwa ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran framing yang digunakan oleh media Inews.id dalam memberitakan demo mahasiswa 11 April 2022. Analisis dilakukan dengan mengacu pada empat elemen model framing Zhongdang Pan dan Gerald M Kosicki, yaitu struktur sintaksis, struktur skrip, struktur tematik, dan struktur retoris. Penelitian ini menggunakan paradigma kritis dengan pendekatan kualitatif dan metode analisis framing. Objek yang diteliti pada penelitian ini adalah berita peristiwa demo mahasiswa 11 April 2022 edisi April 2022 yang dipublikasikan media online Inews.id. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa media inews.id cenderung memberitakan peristiwa demo mahasiswa 11 April 2022 adalah demo yang berlangsung dengan tidak kondusif dan mendukung tindakan kepolisian. Pemberitaan mengandalkan penulisan yang menarasikan sisi anarkis demo sehingga dapat memicu emosi pembaca berita.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Framing; Berita; Fakta; Demo Mahasiswa
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Analysis, Theory of Functions
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Agus Prasetyo
Date Deposited: 16 May 2024 01:50
Last Modified: 16 May 2024 01:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87590

Actions (login required)

View Item View Item