Peran kepemimpinan K.H. Az-Jubaedin dalam meningkatkan kedisiplinan santri: Studi deskriptif Pada Pondok Pesantren Al- Ikhlas Pasir Jampang, Bungkeureuk, Bayah, Lebak

Rusdianto, Erus (2024) Peran kepemimpinan K.H. Az-Jubaedin dalam meningkatkan kedisiplinan santri: Studi deskriptif Pada Pondok Pesantren Al- Ikhlas Pasir Jampang, Bungkeureuk, Bayah, Lebak. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)

Abstract

Kepemimpinan merupakan salah satu faktor kesuksesan sebuah isntitusi ataupun lembaga. Maju dan mundurnya suatu lembaga Pendidikan tidak terlepas dari kualitas kepemimpinan yang digunakan.karenanya, pemimpin dari setiap lembaga Pendidikan pondok pesantren, harus memahami tanggung jawabnya dengan baik. Pada setiap pemimpin di lembaga pondok pesantren pasti mempunyai kebijakan yang diterapkan di dalam pondok pesantren tersebut, maka dari itu dengan adanya kebijakan- kebijaka yang di terapkan di pondok pesantren akan membuat pesantren menjadi lebih terintegritas.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Peran kepemimpinan K.H. Az-Jubadedin, pelaksanaan kebijakan, dampak kebijakan dalam meningkatkan kedisiplinan santri. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori George R. Terry menjelaskan bahwa kepemimpinan adalah kegiatan mempengaruhi orang-orang agar bersedia berusaha mencapai tujuan bersama. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi langsung ketempat penelitian, wawancara langsung dengan informasi dan mengambil dokumentasi yang berkaitan dengan Peran Kepemimpinan K.H. Az-Jubaedin Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Pasir Jampang, Bungkeureuk, Bayah, Lebak. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kepemimpinan K.H. Az-Jubaedin yang deterapkan di pondok pesantren Al-Ikhlas K.H. Az-Jubaedin adalah demokrasi, untuk menitik beratkan masalah aktifitas dengan para pemimpin agar tujuannya berjalan dengan lancer dan bermoral tinggi dalam bekerja sama. (2) Pelaksanaan kebijakan yang dilakukan di pondok pesantren Al-Ikhlas K.H. Az-Jubaedin yaitu sifatnya situasional, ada kebijakan yang langsung di buat oleh pimpinan pondok pesantren, namun ada juga beberapa kebijakan lainnya yang mendasari atas musyawarah dengan para pengurus lainnya. Adapun kebijakan-kebijaka nya yaitu: a. kebijakan dalam meningkatkan ibadah. b. kebijakan dalam mengatur waktu. c. kebijakan dalam mentaati peraturan. d. kebijakan dalam meningkatkan kedisiplinan santri dalam belajar. (3) Dampak kebijakan dalam peningkatan kedisiplinan santri itu sangat efektif sekali terhadap santri, dengan adanya kebijakan-kebijakan yang di realisasikan di pesantren Al-Ikhlas ini sangat mempengaruhi terhadap kedisiplinan santri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan; Kedisiplinan; Pondok Pesantren
Subjects: Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Rusdianto Erus
Date Deposited: 16 May 2024 01:42
Last Modified: 16 May 2024 01:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87620

Actions (login required)

View Item View Item