Nugraha, Ilham (2024) Aktivitas Cyber Public Relations pada pengelolaan media sosial Instagram: Studi deskriptif kualitatif pada organisasi nirlaba AIESEC Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
This is the latest version of this item.
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (14kB) |
||
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (39kB) | Preview |
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (270kB) |
||
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (593kB) |
||
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
Abstract
AIESEC merupakan sebuah organisasi mahasiswa internasional yang berfokus pada pengembangan kepemimpinan pemuda. Organisasi ini memiliki Instagram dengan jumlah pengikut terbanyak di Kota Bandung dalam bidang serupa dengan 28,2 ribu pengikut. Hal tersebut menjadi landasan untuk mempelajari bagaimana AIESEC Bandung sendiri dapat mengelola media sosial melalui Instagram @aiesecbandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengelolaan digital public relations di media sosial Instagram pada aspek transparansi (transparency) hingga aspek kekayaan konten dan jangkauan (richness in content and reach). Konsep elemen dasar cyber public relations dari Phillips and Young digunakan karena relevan dengan aktivitas pengelolaan cyber public relations instagram @aiesecbandung. Paradigma konstruktivisme dan pendekatan kualitatif serta metode deskriptif digunakan dalam penelitian. Data-data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan cyber public relations yang dilakukan bertujuan untuk menyebarkan nilai-nilai dari AIESEC melalui empat aspek. Aspek Transparansi (transparency) awal ini dilakukan dengan aktivitas edukasi terkait produk program mereka dan melakukan organizational branding. Aspek Porisitas (porisity) yang dilakukan adalah pembuatan guideline dan brand filtering guna mencegah informasi tidak perlu tersebar kepada audiens. Aspek Internet sebagai Agen (Internet as an agent) dilakukan dengan aktivitas integrasi media penyebaran informasi dan penggunaan Bluebook branding guideline. Aspek Kekayaan konten dan jangkauan (Richness in Content and Reach) dilakukan melalui aktivitas Customer Centric Era dan pengoptimalisasian algoritma guna menciptakan variasi penyampaian kepada audiens yang beragam dan mendapatkan jangkauan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cyber Public Relations; Media Sosial Instagram; AIESEC Bandung |
Subjects: | Communities > Community Sociology Communications Telemunications > Wireless Communications Communications Telemunications > Telephon |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Ilham Nugraha |
Date Deposited: | 16 May 2024 06:59 |
Last Modified: | 16 May 2024 09:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87628 |
Available Versions of this Item
Actions (login required)
View Item |