Penerapan model quantum learning teknik memori untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia: penelitian tindakan kelas di kelas III MI Al-Musaa'adah

Trisdianti, Eris (2024) Penerapan model quantum learning teknik memori untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia: penelitian tindakan kelas di kelas III MI Al-Musaa'adah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTARK)
2_abstrak.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (633kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan terjadi di kelas III MI Al-Musaa’adah Garut mengenai rendahnya hasil kognitif siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti diperoleh hasil bahwasanya nilai rata-rata siswa sebesar 88% masih di bawah KKM. Permasalahan tersebut dikarenakan kurang bervariatifnya model pembelajaran yang guru gunakan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran dan siswa mudah bosan saat pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum dan sesudah menerapkan model Quantum Learning teknik memori. Model Quantum Learning teknik memori merupakan model pembelajaran yang menyenangkan dengan melibatkan sugesti guru dan memori siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III MI Al-Musaa’adah dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa menggunakan metode penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat siklus, dimana dalam satu siklusnya terdapat satu tindakan dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes tertulis dan lembar observasi siswa dan guru. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa sebelum diterapkannya model Quantum Learning teknik memori memperoleh nilai rata-rata sebesar 44 dengan ketuntasan klasikal sebesar 20%. Pada pelaksanaan proses pembelajaran dengan penerapan model Quantum Learning teknik memori terjadi peningkatan aktivitas siswa dan guru pada setiap siklusnya. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 60%, siklus II mencapai 65%, siklus III mencapai 71% dan siklus IV mencapai 85%. Kemudian untuk aktivitas guru pada siklus I sebesar 66%, siklus II sebesar 78%, siklus III sebesar 83% dan siklus IV mencapai 86%. Hasil belajar kognitif siswa setelah penerapan model Quantum Learning teknik memori mengalami peningkatan pula pada setiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 59 dengan ketuntasan klasikal mencapai 48%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa tetap yaitu sebesar 59 dengan ketuntasan klasikal sebesar 36%, pada siklus III rata-rata hasil belajar siswa sebesar 69 dengan ketuntasan klasikal mencapai 60% dan pada siklus IV perolehan rata-rata hasil belajar siswa mencapai 74 dengan ketuntasan klasikal mencapai 80%. Kemudian untuk memastikan kembali hasil belajar kognitif siswa, peneliti memberikan tes akhir dengan perolehan nilai rata-rata siswa sebesar 71 dengan persentase ketuntasan klasikal siswa mencapai 76%. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila hasil rata-rata siswa mencapai ≥ 70 sesuai dengan KKM dan ketuntasan klasikal siswa mencapai ≥ 70%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Quantum Learning teknik memori dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III MI Al-Musaa’adah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Quantum Learning; Teknik Memori; Hasil Belajar Kognitif; Bahasa Indonesia
Subjects: Elementary Education > Elementary School
Elementary Education > Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eris Trisdianti
Date Deposited: 16 May 2024 06:43
Last Modified: 16 May 2024 06:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87633

Actions (login required)

View Item View Item