Aktivitas ospek jurusan berbasis kaderisasi dan hubungannya dengan motivasi belajar mahasiswa pendidikan agama Islam: penelitian terhadap mahasiswa angkatan 2022 pada anggota HMJ PAI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Hamidah, Siti (2024) Aktivitas ospek jurusan berbasis kaderisasi dan hubungannya dengan motivasi belajar mahasiswa pendidikan agama Islam: penelitian terhadap mahasiswa angkatan 2022 pada anggota HMJ PAI UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi suatu kejadian unik dimana dalam suatu forum sosialisasi pelaksanaan aktivitas ospek jurusan, salah satu mahasiswa mempertanyakan adakah hubungan signifikan antara aktivitas ospek jurusan dengan aktivitas perkuliahan terhusus pada jurusan pendidikan agama islam. Hal ini dikarenakan selama ini ospek jurusan menjadi agenda rutinan yang wajib diikuti seluruh mahasiswa baru dan secara konstitusi sertifikat peserta menjadi salah satu syarat mengikuti sidang munakosyah di jurusan Pendidikan Agama Islam. Tentunya ini menjadi topik yang menarik untuk diteliti sehingga terdapat data objektif atas korelasi aktivitas organisasi dengan status kemahasiswaan seseorang. Pada hakikatnya, penelitian ini memiliki fokus pada tujuan untuk mengetahui (1) Realitas pelaksanaan aktivitas ospek jurusan berbasis kaderisasi di jurusan Pendidikan Agama Islam, (2) Realitas motivasi belajar yang dimiliki mahasiswa Pendidikan Agama Islam, (3) Hubungan antara aktivitas ospek jurusan berbasis kaderisasi dan motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam angkatan 2022. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa motivasi belajar dapat dipengaruhi berbagai macam faktor salah satu diantaranya ialah faktor external yakni aktivitas yang diselenggarkan oleh lembaga pendidikan yaitu ospek jurusan berbasis kaderisasi. Berdasarkan asumsi tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah semakin tercapai indikator aktivitas ospek jurusan berbasis kaderisasi, semakin tinggi pula motivasi belajar yang mahasiswa baru miliki, begitu pula sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket (kuisioner), dan studi dokumentasi. Jenis data yang digunakan data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendektan statistia untuk pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis parsial perindikator dan analisis korelasional. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa (1) realitas aktivitas ospek jurusan berbasis kaderisasi sebagai objek penelitian ini berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 3,91 yang berada pada rentang 3,5 – 4,5. (2) Realitas motivasi belajar mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam berada pada kategori tinggi dengan skor rata rata 3,94 yang berada pada rentang 3,5 – 4,5. Hal ini menunjukan bahwa mahasiswa PAI memiliki motivasi belajar yang relatif tinggi dan di atas rata-rata. (3) Hubungan antara variabel X dan variabel Y tergolong positif (selaras). Kemudian persentase besarnya hubungan antara variabel Y dan variabel Y dapat diketahui dari koefisien determinasi pada analisis regresi yakni sebesar 0,119 atau sama dengan 11,9% saja, sedangkan sebesar 88,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; Ospek Jurusan; Motivasi Belajar; Kaderisasi; Mahasiswa
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Higher Education, Universities
Higher Education, Universities > Scolarships in Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Hamidah
Date Deposited: 17 May 2024 06:19
Last Modified: 17 May 2024 06:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87638

Actions (login required)

View Item View Item