Efek aplikasi glycerol pada biofungisida trichoderma harzianum terhadap perkembangan penyakit hawar daun (alternaria brassicae) dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan tanaman pakcoy (Brassica rapa subsp. chinensis var. nauli f1)

Wulan, Nita (2024) Efek aplikasi glycerol pada biofungisida trichoderma harzianum terhadap perkembangan penyakit hawar daun (alternaria brassicae) dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan tanaman pakcoy (Brassica rapa subsp. chinensis var. nauli f1). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
COVER.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
ABSTRAK .pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
DAFTAR ISI .pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab i)
BAB I.pdf

Download (494kB) | Preview
[img] Text (bab ii)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text (bab iii)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] Text (bab iv)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text (bab v)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)

Abstract

Sawi pakcoy merupakan salah satu tanaman sayuran yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Tanaman pakcoy memiliki umur panen yang relatif pendek yaitu 25-27 hari setelah tanam. Adapun gangguan yang sering menyerang tanaman pakcoy yaitu hawar daun yang disebabkan oleh Alternaria brassicae, sehingga menyebabkan daun menjadi coklat kehitaman. Sehingga mengakibatkan hasil produksi yang didapatkan tidak memenuhi standar potensi hasil. Adapun pengendalian yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan agen hayati berupa Trichoderma harzianum. Penyimpanan biofungisida perlu dijaga viabilitasnya dengan pemanfaatan glycerol. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh glycerol dan Trichderma harzianum terhadap penyakit hawar daun ada tanaman pakcoy dan untuk mengetahui dosis yang efektif dalam mengendalikan hawar daun. Sehingga metode eksperimen yang digunakan berupa RAK (Rancangan Acak Kelompok) terdiri dari 5 perlakuan dan 6 ulangan A (kontrol Alternaria brassicae); B (Trichoderma harzianum dan glycerol 20 g + Alternaria brassicae); C (Trichoderma harzianum dan glycerol 35 g + Alternaria brassicae); D (Trichoderma harzianum 20 g + Alternaria brassicae); E (Trichoderma harzianum 35 g + Alternaria brassicae). Hasil penelitian ini bahwa tidak ada pengaruh serta belum ada dosis Trichoderma sp dan glycerol yang efektif dalam mengendalikan hawar daun dan pertumbuhan tanaman pakcoy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pakcoy; Hawar Daun; Trichoderma harzianum
Subjects: Production, Industrial Economics > Agriculture
Plant Injuries > Plant Diseases
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Nita Wulan
Date Deposited: 16 May 2024 08:27
Last Modified: 16 May 2024 08:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87640

Actions (login required)

View Item View Item