Pelaksanaan kerjasama usaha kedai kopi perdpektif Hukum Ekonomi Syariah: Studi Kasus praktek akad Kerjasama Kopi Nore di Jatinangor

Mardiansyah, Angga (2024) Pelaksanaan kerjasama usaha kedai kopi perdpektif Hukum Ekonomi Syariah: Studi Kasus praktek akad Kerjasama Kopi Nore di Jatinangor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Skripsi_Angga_M_COVER .pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Skripsi_Angga_M_ABSTRAK .pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Skripsi_Angga_M_ DAFTAR ISI .pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Skripsi_Angga_M_ BAB I.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Skripsi_Angga_M_ BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text (BAB III)
Skripsi_Angga_M_ BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text (BAB IV)
Skripsi_Angga_M_ BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Skripsi_Angga_M_ DAFTAR PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)

Abstract

Manusia pada hakikatnya adalah mahluk sosial yang memerlukan variabel eksternal dalam melaksanakan kegiatan bermuamalah oleh sebab itu islam mengatur hal tersebut dalam konsep Kerjasama yang memberikan kemaslahatan bagi pelakunya dan meminimalisir terjadinya kecurangan dalam berusaha. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan mekanisme Kerjasama yang dilakukan kedai kopi nore di Jatinangor Sumedang serta tinjauan hukum ekonomi syariah terhada pelaksanaan Kerjasama tersebut Kerjasama atau dalam hukum ekonomi syariah dikenal dengan istilah syirkah memiliki banyak model dalam pelaksanaannya yang pada berinti pada penggabungan harta sebagai modal dan pembagian hasil dari laba yang didapatkan yang berlandaskan terhadap asas kosensualisme pada kesepakatan keduanya. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini berlandaskan kepada asas-asas atau prinsip muamalah yaitu: pada dasarnya hukum jual beli ataupun kerjasama itu di perbolehkan dalam islam adalah boleh sampai ada dalil yang mengharamkannya, berlandaskan atas dasar suka sama suka, berlandaskan atas dasar mendatangkan maafaat dan menghilangkan kemudharatan, kemudian harus berdasarkan objek suatu barang yang baik dan di perbolehkan. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif-analisis. Sumber data yang digunakan ialah sumber data primer dari wawancara kepada pelaku usaha kedai kopi. Adapun sumber data sekunder diambil dari hasil penellitian relevan, buku-buku dan sejumlah peraturan yang terkait. Teknik pengumpulan data utama dengan dokumentasi dan teknik observasi sebagai perbantuan. Penelitian menunjukkan hasil bahwa; 1. Dalam praktik Kerjasama kedai kopi nore jatinangor memiliki mekanisme penggabungan harta sebagai modal serta pembagian nisbah sesuai pendapatan usaha akan tetapi pemilik usaha terjun langsung dalam pengelolaan kedai kopi tersebut. Berdasarkan tinjauan hukum ekonomi syariah dalam pelaksanaan Kerjasama di kedai kopi nore akad yang digunakan adalah akad Syirkah al inan dikarenakan selain dari harta yang telah digabungkan pemilik memberikan kontribusi lebih berupa pengelolaan operasional dari kedai tersebut dan hal hal tersebut telah disepakati oleh kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kerjasama; Musyarakah al inan; Hukum Ekonomi Syariah;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Angga Mardiansyah
Date Deposited: 17 May 2024 07:19
Last Modified: 17 May 2024 07:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87659

Actions (login required)

View Item View Item