Pengaruh Religiusitas dan pengetahuan terhadap minat masyarakat dalam membayar zakat pertanian : Studi kasus pada petani di desa Girimulya kecamatan Pacet kabupaten Bandung

Yuliani, Yuliani (2024) Pengaruh Religiusitas dan pengetahuan terhadap minat masyarakat dalam membayar zakat pertanian : Studi kasus pada petani di desa Girimulya kecamatan Pacet kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (693kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)

Abstract

Desa Girimulya adalah desa yang berpotensi dalam memperoleh dan mendistribusikan zakat pertanian dengan memiliki luas area perkebunan mencapai 115,329 Ha dan area persawahan mencapai 11,07 Ha. Desa Girimulya memiliki jumlah penduduk sebanyak 6.699 jiwa dan 760 jiwa diantaranya adalah seorang petani. Namun, banyak dari mereka beranggapan bahwa sedekah atau infaq sudah cukup untuk menggugurkan kewajiban mereka dalam melaksanakan perintah Allah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan pengetahuan baik secara parsial maupun simultan terhadap minat masyarakat dalam membayar zakat pertanian serta menggetahui besar pengaruh religiusitas dan pengetahuan terhadap minat masyarakat terhadap minat masyarakat dalam membayar zakat pertanian di desa Girimulya kec. Pacet kab. Bandung. Teori Planned Behavior yang dikemukakan oleh Ajzen pada tahun 1983, mengatakan bahwa hubungan antara sikap, norma, dan persepsi akan mempengaruhi niat perilaku seseorang atau individu dalam melakukan suatu tindakan. Penelitian memakai metode kuantitatif dengan data primer memakai kuisioner dan data sekunder melalui studi kepustakaan. Penelitian disini mengambil populasi dari petani di Desa Girimulya kec. Pacet kab. Bandung dengan jumlah populasi 760 jiwa dan sampel yang diambil berjumlah 90 petani dengan memakai metode Slovin. Penelitian ini memakai aplikasi IBM SPSS 25. Berdasarkan hasil data yang diteliti dari variabel religiusitas (X1) terhadap variabel minat zakat (Y) diperoleh nilai thitung 2,401 > ttabel 1,987 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Adapun untuk variabel pengetahuan (X2) terhadap variabel minat zakat (Y) diperoleh nilai thitung 5,688 > ttabel 1,987 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan secara simultan variabel religiusitas (X1) dan pengetahuan (X2) terhadap variabel minat zakat (Y) diperoleh nilai fhitung 122,935 > ftabel 3,100 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: religiusitas; pengetahuan; minat; zakat pertanian
Subjects: Islam
Islam > Islam and Economics
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat Mal
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Yuliani - -
Date Deposited: 17 May 2024 06:54
Last Modified: 17 May 2024 06:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87672

Actions (login required)

View Item View Item