Nuraini, Dini (2023) Hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dengan hasil belajar matematika pokok bahasan soal cerita pada siswa kelas V SDN Sukamanah 03. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (191kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) | Request a copy |
Abstract
Pentingnya membaca melatar belakangi penelitian ini. Terlebih pada kemampuan membaca pemahaman yang sangat berpengaruh pada keberlangsungan belajar siswa serta dapat menentukan hasil belajar siswa, termasuk pada pelajaran matematika khususnya pokok bahasan soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dengan hasil belajar matematika pokok bahasan soal cerita. Terkhusus pada siswa kelas V SDN Sukamanah 03 tahun ajaran 2022/2023. Kemampuan membaca pemahaman dapat diukur dengan beberapa indikator diantaranya menjawab pertanyaan sesuai dengan isi bacaan, menyebutkan contoh ide/isi bacaan dalam kehidupan sehari-hari, dan menentukan kalimat utamanya (Harlin, 2015). Soal cerita pada pelajaran matematika penyajiannya berbentuk cerita atau uraian yang boleh dengan tulisan atau lisan. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas V SDN Sukamanah 03 yang berjumlah 23 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh atau sampel populasi, yang mana semua anggota populasi ini diambil menjadi sampel. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes (tes kemampuan membaca pemahaman serta tes hasil belajar matematika pokok bahasan soal cerita) dan dokumentasi selama penelitian berlangsung. Sementara teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis statistik deskriptif dan beberapa pengujian. Diantaranya uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas, serta uji analisis hipotesis menggunakan uji kolerasi product moment dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari tes kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN sukamanah 03 memiliki kemampuan membaca yang cukup dengan nilai rata-rata 67,8. Sementara dari tes hasil belajar matematika pokok bahasan soal cerita siswa kelas V SDN Sukamanah 03 tergolong juga cukup dengan nilai rata-rata 67,9. Berdasarkan pada analisis data ditunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dengan hasil belajar matematika pokok bahasan soal cerita pada siswa kelas V SDN Sukamanah 03. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil t-test yang diperoleh rhitung > rtabel yaitu sebesar 0,771 > 0,396. Adapun nilai koefisiennya berada pada rentang 0,60-0,79 yang mengartikan korelasi antara dua variabel tersebut tergolong kuat dengan persentase determinasi sebesar 59,4%. Hal ini berarti pengaruh dari kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan soal cerita sebesar 59,4%, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca Pemahaman; Hasil Belajar; Soal Cerita Matematika; |
Subjects: | Elementary Education Elementary Education > Elementary School Elementary Education > Reading |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dini nur aini |
Date Deposited: | 17 May 2024 07:04 |
Last Modified: | 17 May 2024 07:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87682 |
Actions (login required)
View Item |