Hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dengan hasil belajar matematika pokok bahasan soal cerita pada siswa kelas V SDN Sukamanah 03

Nuraini, Dini (2023) Hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dengan hasil belajar matematika pokok bahasan soal cerita pada siswa kelas V SDN Sukamanah 03. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy

Abstract

Pentingnya membaca melatar belakangi penelitian ini. Terlebih pada kemampuan membaca pemahaman yang sangat berpengaruh pada keberlangsungan belajar siswa serta dapat menentukan hasil belajar siswa, termasuk pada pelajaran matematika khususnya pokok bahasan soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dengan hasil belajar matematika pokok bahasan soal cerita. Terkhusus pada siswa kelas V SDN Sukamanah 03 tahun ajaran 2022/2023. Kemampuan membaca pemahaman dapat diukur dengan beberapa indikator diantaranya menjawab pertanyaan sesuai dengan isi bacaan, menyebutkan contoh ide/isi bacaan dalam kehidupan sehari-hari, dan menentukan kalimat utamanya (Harlin, 2015). Soal cerita pada pelajaran matematika penyajiannya berbentuk cerita atau uraian yang boleh dengan tulisan atau lisan. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas V SDN Sukamanah 03 yang berjumlah 23 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh atau sampel populasi, yang mana semua anggota populasi ini diambil menjadi sampel. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes (tes kemampuan membaca pemahaman serta tes hasil belajar matematika pokok bahasan soal cerita) dan dokumentasi selama penelitian berlangsung. Sementara teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis statistik deskriptif dan beberapa pengujian. Diantaranya uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas, serta uji analisis hipotesis menggunakan uji kolerasi product moment dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari tes kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN sukamanah 03 memiliki kemampuan membaca yang cukup dengan nilai rata-rata 67,8. Sementara dari tes hasil belajar matematika pokok bahasan soal cerita siswa kelas V SDN Sukamanah 03 tergolong juga cukup dengan nilai rata-rata 67,9. Berdasarkan pada analisis data ditunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dengan hasil belajar matematika pokok bahasan soal cerita pada siswa kelas V SDN Sukamanah 03. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil t-test yang diperoleh rhitung > rtabel yaitu sebesar 0,771 > 0,396. Adapun nilai koefisiennya berada pada rentang 0,60-0,79 yang mengartikan korelasi antara dua variabel tersebut tergolong kuat dengan persentase determinasi sebesar 59,4%. Hal ini berarti pengaruh dari kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan soal cerita sebesar 59,4%, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Membaca Pemahaman; Hasil Belajar; Soal Cerita Matematika;
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Elementary School
Elementary Education > Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dini nur aini
Date Deposited: 17 May 2024 07:04
Last Modified: 17 May 2024 07:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87682

Actions (login required)

View Item View Item