Pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan minat baca melalui program kolecer dan candil: Studi deskriptif di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat

Arelina, Liana Dwi (2024) Pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan minat baca melalui program kolecer dan candil: Studi deskriptif di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Minat Baca melalui Program Kolecer dan Candil (Studi Deskriptif Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat) Dilatar belakangi literasi faktor penyebab minimnya literasi menurut UNESCO menyebutkan Indonesia urutan kedua dari bawah soal literasi Dunia, hanya 0,001% yang berarti 1,000 orang di Indonesia, hanya satu orang yang rajin membaca, minat baca mengkhawatirkan hingga sangat rendah dipandang Dunia dan ketertinggalan jaman. Tujuan penelitian ini, mengetahui program Kolecer dan Candil dalam meningkatkan minat baca, pelaksanaan program dalam memandu, memonitoring, dan mengevaluasi program, dan mengetahui hasil kemandirian masyarakat dalam memanfaatkan program Kolecer dan Candil. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori Pemberdayaan Masyarakat dari Edi Suharto. Dalam teorinya beliau mengemukakan bahwa pemberdayaan sebagai panduan kegiatan ditandai proses dan tujuan dalam mempererat kelompok lemah masyarakat dalam masalah SDM Menjadi masyarakat yang berdaya mempunyai kekuasaan atau pengetahuan dan menempati kesejahteraan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif meliputi observasi dan wawancara, pengumpulan data mencatat dan merekam, kemudian mengolah informasi sesuai kebutuhan untuk menjawab rumusan masalah yang akan dipecahkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberdayaan masyarakat melalui program Kolecer dan Candil sebagai berikut : 1) Program Kolecer dan Candil dengan cara mengemas Kolecer dengan unik seperti kotak telepon di tempatkan di jalur-jalur pedestrian yang menarik simpati masyarakat untuk membaca. 2) Pelaksanaan Program Kolecer dan Candil dalam Memandu, Memonitoring, dan Mengevaluasi keberjalanan program. 3) Hasil kemandirian masyarakat dalam memanfaatkan program Candil memiliki impact dalam meningkatnya minat baca dari bertambahnya pegiat literasi komunitas dalam kegiatan pemberdayaan memecahkan masalah sosial bahkan ke sekolah-sekolah mengenalkan kolecer dalam meningkatkan minat baca.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Minat Baca; Kolecer; Candil
Subjects: Religious Mythology > Attitudes of Religions Toward Social Issues
Social Groups
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Liana Dwi Arelina
Date Deposited: 20 May 2024 00:58
Last Modified: 20 May 2024 01:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87693

Actions (login required)

View Item View Item