Desain karakter dakwah dalam Komunikasi visual akun instagram @binaquu: analisis Semiotika Charles Sander Pierce

Fitriani, Keukeu Eva (2024) Desain karakter dakwah dalam Komunikasi visual akun instagram @binaquu: analisis Semiotika Charles Sander Pierce. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1-Cover.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2-abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3-daftarisi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4-bab 1.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5-bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6-bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7-bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8-daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy

Abstract

Era digital saat ini, peran medıa sosıal menjadı salah satu sarana yang memiliki peran utama dalam proses penyampaian pesan-pesan dakwah. Akun Instagram @binaquu merupakan salah satu contoh akun yang aktif dalam menyebarkan pesan-pesan agama Islam melalui konten-kontenya yang di tampilkan dalam bentuk visual. Analisis terhadap dakwah melalui komunikasi visual dapat menjadi sebuah inspirasi tentang bagaimana media sosial dapat di manfaatkan secara efektif untuk menyebarkan ajaran agama Islam. Pada penelitian ini menjelaskan pembahasan tentang jenis tanda yang digunakan dan pesan dakwah yang ada dalam postingan akun Instagram @binaquu dengan menggunakan analisis semiotika Charles Sander Pierce. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui secara mendalam perihal tanda yang ada pada delapan postingan akun @binaquu dan pesan dakwah visual yang ada dalam delapan postingan akun Instagram @binaquu. Kajian penelitian ini menggunakan metode semiotika Charles Sander Peirce yang mengemukakan bahwa ada tiga unsur pokok dalam semiotika yaitu segitiga penanda yang membahas tentang tanda terdiri dari jenis tanda ikon, indeks, dan simbol. Data yang diperoleh berasal dari subjek penelitian yang digali melalui metode analisis deskriptif kualitatif untuk memberikan deskripsi fenomena yang diteliti. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara yang mendalam dengan narasumber dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukan jenis tanda yang terkandung dalam delapan postingan akun İnstagram @binaquu memiliki keseluruhan memiliki kesamaan dalam bentuk desainnya. Di dalamnya terdapat elemen yang terdiri dari gabungan ilustrasi, tipografi dan warna. Poster yang paling banyak di posting dengan menggunakan pola yang sama yaitu pada tahun 2020. pesan dakwah yang di sampaikan dalam ke-8 poster Instagram akun @binaquu menyampaikan pesan dakwah dengan mengangkat pesan Akhlak. Ditemukan juga sisi menarik dari akun Instagram @binaquu ini, berusaha untuk mengangkat pesan-pesan dengan bentuk dakwah nafsiyah (dakwah kepada diri sendiri). Mengangkat problem-problem pada fase-fase manusia yang sedang menghadapi kedewasaan yang dijadikan dakwah dalam bentuk visual sebagai bahan reminder bagi para pembacanya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Semiotika; Komunikasi Visual; dan Desain Karakter
Subjects: Communications Telemunications
Computer Arts, Digital Arts
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Keukeu Eva Fitriani
Date Deposited: 17 May 2024 07:56
Last Modified: 17 May 2024 07:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87697

Actions (login required)

View Item View Item