User Centered Design pada Akademik dan Layanan Informasi Mobile (KALAM) untuk meningkatkan User Experience

Fadhlurrahman, Muhammad Ilham (2024) User Centered Design pada Akademik dan Layanan Informasi Mobile (KALAM) untuk meningkatkan User Experience. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_Bab 1.pdf

Download (616kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB 4)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)
[img] Text (BAB 5)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun rancangan aplikasi Akademik dan Layanan Informasi Mobile (KALAM) versi 2.0, di mana terdapat pembaharuan dari versi sebelumnya yang berdasarkan survei kepada pengguna hanya mendapatkan nilai positif pada 2 dari 10 pernyataan yang diberikan. Tujuan pembaharuan aplikasi ini yaitu menjadi super app yang bisa memenuhi kebutuhan akan informasi, administrasi, maupun layanan akademik bagi pengguna yang merupakan mahasiswa maupun dosen di lingkup UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pembaharuan ini didasarkan pada data primer maupun sekunder yang didapatkan dari penilaian dan aspirasi pengguna, evaluasi dari praktisi user experience, serta kajian pustaka dari berbagai sumber. Dalam penelitian ini, dipilih metodologi Design Science Research Method (DSRM) serta pendekatan User Centered Design (UCD) yang berjalan secara iteratif untuk memberikan nilai usability yang baik dengan menitikberatkan pada kepuasan pengguna lewat kombinasi tiga metode penelitian yaitu User Experience Questionnaire (UEQ), Heuristic Evaluation, dan Card Sorting yang berdasarkan penelitian-penelitian sebelumnya menunjukkan efektivitas dari setiap metode yang digunakan. Kombinasi ini menghasilkan analisis subjektif yang saling menguatkan bersumber dari pengalaman usability pengguna secara kuantitatif, evaluasi dari para ahli di bidang user experience secara kualitatif, serta sesuai dengan pemahaman mental model pengguna. Hal ini dibuktikan dengan penilaian dari pengguna yang memberikan predikat “Good” dan “Excellent” pada benchmark UEQ ketika dilakukan pengujian prototype rancangan aplikasi KALAM versi 2.0, sehingga memberikan validasi bahwa pembaharuan yang dilakukan berhasil menjadi versi yang lebih baik dari sebelumnya dan bisa memenuhi kebutuhan pengguna.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: KALAM; UCD; Usability; User Experience; prototype; UEQ; Heuristic Evaluation; Card Sorting, benchmark;
Subjects: Data Processing, Computer Science
Data Processing, Computer Science > Computer and Human
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Muhammad Ilham Fadhlurrahman
Date Deposited: 17 May 2024 07:33
Last Modified: 17 May 2024 07:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87707

Actions (login required)

View Item View Item