Strategi pembangunan wisata mangrove dalam meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat pesisir: Studi deskriptif di Kampung Ketapang Pelelangan Desa Ketapang Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang

Anisyah, Anisyah (2024) Strategi pembangunan wisata mangrove dalam meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat pesisir: Studi deskriptif di Kampung Ketapang Pelelangan Desa Ketapang Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (534kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy

Abstract

Sektor pariwisata menjadi salah satu bentuk pembangunan yang mampu memberikan banyak peran besar terhadap eksistensi daerah maupun untuk keberlangsungan lingkungan hidup serta dapat mensejahterakan masyarakat lokal jika pengelolaannya dilakukan dengan baik. Adanya pembangunan wisata mangrove mampu memberikan manfaat dan mengembangkan potensi yang dapat dirasakan masyarakat sekitar seperti tempat tinggal yang layak, memberikan peluang pelaku ekonomi, membuka lapangan pekerjaan dan infrastruktur yang memadai. Maka dari itu, dengan adanya pembangunan dan perubahan tatanan kehidupan masyarakat pesisir Ketapang Pelelangan tentu sangat erat kaitannya dengan kondisi sosial masyarakat yang ikut berubah. Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses perencanaan pembangunan wisata mangrove, tujuan jangka panjang pembangunan wisata mangrove dan upaya agar tercapainya tujuan dalam meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat Kampung Ketapang Pelelangan. Landasan pemikiran penelitian yang digunakan adalah teori strategi menurut Stephanie K. Marrus yang di definisikan sebagai suatu proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yaitu poses perencanaan pembangunan wisata mangrove di Kampung Ketapang Pelelangan dilakukan dengan memperhatikan peluang dan potensi yang dimiliki daerah, serta adanya kerja sama antar pihak terkait. Adapun tujuannya difokuskan untuk membuka peluang pekerjaan yang lebih luas, fokus pada lingkungan dan percontohan bagi daerah lain. Upaya tercapainya tujuan kesejahteraan sosial masyarakat Kampung Ketapang Pelelangan yaitu mengadakan sosialisasi usaha, relokasi wilayah pemukiman dan pengembangan potensi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pembangunan; Pasyarakat pesisir
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Process > Social Change
Communities > Suburban Communities
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Anisyah Anisyah
Date Deposited: 17 May 2024 07:30
Last Modified: 17 May 2024 07:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87723

Actions (login required)

View Item View Item