Komunikasi lintas agama dalam dimensi toleransi : Studi Etnografi di Sekolah Bodhi Sinar Terang

Alwi, Muhamad Nursubanudin (2024) Komunikasi lintas agama dalam dimensi toleransi : Studi Etnografi di Sekolah Bodhi Sinar Terang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan komunikasi lintas agama yang dilakukan oleh setiap siswa di Sekolah bodhi Sinar Terang dalam mencapai sebuah sikap toleransi diantara pemeluk agama. Sehingga dapat dirumuskan dalam penilitian ini bahwa bagaimana komunikasi lintas agama yang dilakukan di lingkungan Sekolah Bodhi Sinar terang sehingga bisa menunjang terhadap toleransi diantara pemeluk agama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji komunikasi lintas agama yang dilakukan oleh siswa dan guru yang berbeda agama di dalam satu naungan sekolah yang menghasilkan keharmonisan diantara para pemeluk agama yang berbeda. Penelitian ini menggunakan metode etnografi pendidikan dengan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan paradigma kontruktivis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori kontruksi sosial Peter L Belger yang mengemukakan bahwa proses pemaknaan yang dilakukan oleh setiap individu terhadap lingkungan dan aspek diluar dirinya yang terjadi dari proses eksternalisasi, internalisasi dan objektivikasi. Realitas sosial merupakan kontruksi sosial yang diciptakan oleh individu, dimana individu menjadi menjadi penentu dalam dunia sosial yang dikontruksi berdasarkan kehendaknya. Sekolah dengan berlatar belakang pluralisme dalam beragama bisa menjadi gambaran tentang keharmonisan dalam beragama. Penelitian ini memfokuskan komunikasi lintas agama dalam dimensi toleransi di Sekolah Bodhi Sinar Terang yang ada di Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi lintas agama di Sekolah Bodhi Sinar Terang berhasil mempertahankan komunikasi lintas agama dalam dimensi toleransi sehingga menjadi kebiasaan yang dibangun dengan mengedepankan sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan agama. Bentuk toleransi tercermin dalam kegiatan sekolah seperti pelibatan siswa dalam perayaan hari besar agama, pemberian ruang ibadah, dan berdoa bersama dengan tidak membeda-bedakan agama. Komunikasi lintas agama yang berjalan secara alamiah dalam keseharian turut membentuk kematangan beragama siswa sehingga perbedaan tidak lagi dianggap masalah. Dimensi toleransi yang dibangun dengan komunikasi lintas agama di sekolah ini menjadi model bagi kehidupan yang lebih luas dalam mewujudkan kerukunan masyarakat majemuk. Penelitian ini menyimpulkan bahwa toleransi dapat terwujud dengan baik melalui kombinasi komunikasi edukatif, komunikasi lintas agama, dan penghayatan nilai-nilai agama sejak usia dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Lintas Agama; Toleransi; Sekolah Bodhi Sinar Terang
Subjects: Islam
Communities
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: muhamad nursubanudin
Date Deposited: 17 May 2024 08:01
Last Modified: 17 May 2024 08:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87726

Actions (login required)

View Item View Item