Hubungan antara kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan tanggung jawab santri dalam organisasi: Penelitian di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mu’awanah Kab. Bandung

Nurhayati, Nurhayati (2023) Hubungan antara kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan tanggung jawab santri dalam organisasi: Penelitian di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mu’awanah Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy

Abstract

Pada zaman globalisasi ini, kehadiran pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan dituntut untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang memadai, agar terciptanya generasi santri yang tidak hanya unggul dalam bidang keagamaan namun juga mumpuni di bidang teknologi. Penciptaan sumber daya manusia yang memadai juga dapat berdampak kepada cara pesantren mengambil kebijakan dalam hal strategi yang tepat agar dapat bersaing dilingkungan pendidikan pesantren yang semakin ketat dan kompetitif. Kebijakan tersebut menyangkut keputusan didalam semua bidang fungsional. Salah satu hal yang harus diperhatikan pesantren dalam mengelola fungsi-fungsi manajemen adalah bagaimana mengolah sumber daya manusia (SDM) untuk dapat meningkantkan efesiensi dan efektivitas kerja sehingga memungkinkan organisasi akan tetap eksis dan mampu berkompetisi dengan lembaga pendidikan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui hubungan anatara Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spritual dengan Tanggung Jawab Santri dalam orgamisasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif analisis korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kuesioner. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen penelitian (validitas dan reliabilitas), analisis statistik (analisis parsial per indikator dan interpretasi variabel), uji prasyarat (normalitas data dan linieritas data), dan uji korelasi (koefisien korelasi dan koefisien determinasi). Berdasarkan hasil perhitungan pada tabel di atas, diperoleh nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,704. Hal ini mengindikasikan bahwa kontribusi variabel X1 (Kecerdasan Intelektual), X2 (Kecerdasan Emosional), X3 (Kecerdasan Spritual) terhadap variabel Y (Tanggung JawabSantri) di OSAMU adalah sebesar 70,4% sementara sisanya 29,6% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Dengan melihat nilai koefisien determinasi sebesar 0,704 dapat disimpulkan bahwa pengaruh variabel X1 (Kecerdasan Intelektual), X2 (Kecerdasan Emosional), X3 (Kecerdasan Spritual) terhadap variabel Y (Tanggung Jawab Santri) dapat dikategorikan kuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Emosional; Intelektual; Kecerdasaran; Spiritual; Tanggung jawab
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nurhayati Nurhayati
Date Deposited: 17 May 2024 09:38
Last Modified: 20 May 2024 07:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87732

Actions (login required)

View Item View Item