Peran Badan Usaha Milik Desa dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program kemitraan UMKM: Studi deskriptif BUMDes Sabda Alam, Desa Cieundeur, Kecamatan WarungKondang, Kabupaten Cianjur

Ihlas, Firdha Nurul (2024) Peran Badan Usaha Milik Desa dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program kemitraan UMKM: Studi deskriptif BUMDes Sabda Alam, Desa Cieundeur, Kecamatan WarungKondang, Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER FIRDA.pdf

Download (19kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
abstrak (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi (1).pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1 (2).pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab 2 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah lembaga yang bertujuan mewujudkan pembangunan desa khususnya di bidang perekonomian. Dalam pembangunan ekonomi terdapat cara dalam melaksanakan pembangunan desa yang menitikberatkan pada pertumbuhan, pemerataan, kesejahteraan dan kontribusi masyarakat desa. Desa Cieundeur, kecamatan Warungkondang kabupaten Cianjur, memiliki BUMDes bernama BUMDes Sabda alam, yang melaksanakan kemitraan dengan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk saling membantu dan mendorong dalam berbagai hal seperti permodalan, pelatihan dan pembimbingan untuk mekalukan usaha tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peran pelatihan peningkatan keterampilan BUMDes Sabda Alam Desa Cieunder dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program kemitraan UMKM; (2) Peran BUMDes Sabda Alam Desa Cieunder sebagai fasilitator serta pembiayaan dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program kemitraan UMKM; (3) Peran BUMDes Sabda Alam Desa Cieunder dalam pengemasan produk dan pemasaran pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program kemitraan UMKM. Penelitian ini menggunakan teori pemberdayaan ekonomi menurut Tandelilin, E. (2001) bidang ekonomi pemberdayaan dapat diartikan sebagai upaya pemberian kesempatan kelompok miskin agar mereka memiliki aksesbilitas terhadap sumberdaya berupa: modal, teknologi, informasi, dan jaminan pemasaran, agar mereka mampu mengembangkan usahanya agar mencapai kesejahteraan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini melalui tahap reduksi data, display (kategorisasi), dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian tentang peran BUMDes Sabda Alam Desa Cieundeur dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program kemitraan UMKM maka bisa disimpulkan sebagai berikut: 1) Peran pelatihan peningkatan keterampilan diberikan pelatihan dan pendampingan sesuai dengan bidang usahanya masing-masing (olahan makanan, ukiran kayu, pertanian); 2) Peran sebagai fasilitator pembiayaan, sumber dana untuk program kemitraan UMKM berasal dari Anggaran dana desa, Insentif Kementrian Desa 2021, Dinas koperasi & UMKM, Pendapatan BUMDes; 3) Peran BUMDes Sabda Alam Desa Cieunder dalam pengemasan produk dan pemasaran melalui penjualan secara langsung dan media social pada setiap produknya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: BUMDes; Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat; UMKM
Subjects: Econmics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Firdha Nurul Ihlas
Date Deposited: 22 May 2024 01:18
Last Modified: 22 May 2024 01:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87850

Actions (login required)

View Item View Item