Pendidikan politik pada partai PKS (Partai Keadilan Sejahtera) terhadap upaya peningkatan partisipasi perempuan di parlemen di kota Bandung

Sari, Yulia (2024) Pendidikan politik pada partai PKS (Partai Keadilan Sejahtera) terhadap upaya peningkatan partisipasi perempuan di parlemen di kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.PDF

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.PDF

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.PDF

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.PDF

Download (418kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.PDF
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.PDF
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.PDF
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kurangnya partisipasi perempuan dalam ranah politik menjadi PR terbesar bagi seluruh partai yang mana dewasa ini hak perempuan untuk terlibat dalam politik telah dijamin oleh Undang- Undang sebanyak 30%. Akan tetapi pada praktinya perempuan masih belum berkontribusi penuh walaupun Undang- undang telah menjamin hak perempuan ikut berpatisipasi, 30% keterwakilan perempuan di dalam politik belum memenuhi kuota itu. Adapun untuk membantu memenuhi partisapisi 30% tersebut partai politik membantu mewadahi perempuan untuk mewujudkan hal tersebut. Baik itu dengan cara memberikan pendidikan bagi perempuan ataupun mengadakan agenda kegiaatan yang menimbulkan kepercayaan diri perempuan untuk dapat menjadi perwakilan kelompoknya khususnya di instansi pemerintahan . Penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kondisi pendidikan politik mempengaruhi partisipasi politik perempuan di parlemen yang dilakukan oleh partai PKS kota Bandung . Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah Sampel penelitian 42 orang yang tergabung kedalam organisasi perempuan di partai PKS. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan berbagai alat seperti observasi, kuisioner/angket, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas, uji heterokedatisitas, uji hipotesis, dan uji parsial. Hasil penelitian yang telah dilakukan, baik melalui pembahasan dan dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa: pendidikan Politik (variabel bebas) mempengaruhi Partisipasi politik (variabel terikat) sebesar 44,4% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan politik; partisipasi politik; partai PKS;
Subjects: Political dan Government Science > Education of Politics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Sari Yulia
Date Deposited: 21 May 2024 04:48
Last Modified: 21 May 2024 04:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87878

Actions (login required)

View Item View Item