Strategi fundraising Baitul Maal dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya berwakaf: Studi deskriptif pada baitul Maal Peduli Umat pusat dakwah Islam Jawa Barat

Iqbal, Sadam Anassyah (2024) Strategi fundraising Baitul Maal dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya berwakaf: Studi deskriptif pada baitul Maal Peduli Umat pusat dakwah Islam Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)

Abstract

Strategi Fundraising Baitul Maal Dalam Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Pentingnya Berwakaf (Studi Deskriptif Pada Baitul Maal Peduli Umat Pusat Dakwah Islam Jawa Barat). Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis strategi fundraising yang dilakukan oleh Baitul Maal Peduli Umat (BMPU) Pusat Dakwah Islam Jawa Barat dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya berwakaf. Wakaf memiliki peran penting dalam membangun kesejahteraan masyarakat, namun kesadaran masyarakat tentang hal ini masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi fundraising yang diterapkan oleh BMPU Jawa Barat, serta untuk menganalisis dampaknya terhadap kesadaran masyarakat tentang pentingnya berwakaf. Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan pengurus BMPU, serta analisis dokumen terkait strategi fundraising yang telah dilakukan. Penelitian ini mengacu pada teori strategi, teori fundraising, serta konsep kesadaran masyarakat. Teori-teori ini digunakan sebagai landasan untuk menganalisis strategi fundraising BMPU dan dampaknya terhadap kesadaran masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BMPU Jawa Barat menerapkan bahwa adanya berbagai strategi fundraising, termasuk kampanye sosial, acara penggalangan dana, dan kemitraan dengan lembaga lain. Strategi-strategi ini berhasil meningkatkan pendapatan wakaf dan juga meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya berwakaf sebagai bagian dari ibadah dan kontribusi sosial. Hasil dari formulasi ini terdapat beberapa data terkait pengembangan visi dan misi, respontivitas masyarakat, dan kebijakan BMPU terhadap kegiatan berwakaf. Hasil dari implementasi terdapat beberapa data yang diperoleh diantaranya terkait data terkait program BMPU, cara BMPU menjalankan program kerja, dan pergerakan strategi fundraising wakaf. Hasil dari evaluasi terkait data yang diperoleh mengenai data pengukuran dampak nyata terhadap kesadaran masyarakat terhadap berwakaf, pelaporan dari hasil program kerja, pengukuran atau tinjauan terhadap masyarakat yang dilakukan dengan menganalisis dan meninjau dari faktor internal dan eksternal, mengukur kinerja, dan pengambilan tindakan korektif. Strategi fundraising yang efektif dapat menjadi salah satu upaya yang efektif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya berwakaf. Hasil dari penelitian ini bahwa adanya penerapan strategi yang tepat, seperti yang dilakukan oleh BMPU Jawa Barat, lembaga dapat memperoleh dukungan finansial yang cukup serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan peran penting wakaf dalam pembangunan sosial dan ekonomi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Fundraising; Kesadaran; Masyarakat
Subjects: Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Sadam anassyah iqbal
Date Deposited: 22 May 2024 04:03
Last Modified: 22 May 2024 04:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87949

Actions (login required)

View Item View Item