Metode dakwah KH Muslim Mubarok dalam membina akhlak santri di Pondok Pesantren Al Majidiyyah: Studi deskriptif di Pondok Pesantren Al Majidiyyah Sukasari Sumedang

Sihabudin, Ahmad (2024) Metode dakwah KH Muslim Mubarok dalam membina akhlak santri di Pondok Pesantren Al Majidiyyah: Studi deskriptif di Pondok Pesantren Al Majidiyyah Sukasari Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi[1].pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1[1].pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab_2[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab_3[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab_4[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Ahmad Sihabudin (2023), Metode Dakwah K.H. Muslim Mubarok Dalam Membina Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Al-Majidiyyah (Studi Deskriptif di Pondok Pesantren Al-Majidiyyah Sukasari Sumedang) Metode K.H. Muslim Mubarok dalam membina santri di pondok pesantren Al-Majidiyyah sangat berpengaruh terhadap kualitas dan akhlak santrinya. Gaya pengajarannya yang berbeda dari yang lain menciptakan suasana yang nyaman, memudahkan para santri untuk menerima penjelasannya dengan cepat. Selain itu, beliau juga aktif mengadakan kegiatan ekstrakurikuler dengan berbagai macam kegiatan, dan adanya perubahan pada infrastruktur bangunan tampak dari kepemimpinannya. Dengan demikian, menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, dan pada akhirnya berdampak positif pada kualitas dan akhlak mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui metode dakwah K.H. Muslim Mubarok, (2) kegiatan dakwah K.H. Muslim Mubarok dalam membina santri dan (3) hambatan yang dihadapi K.H. Muslim Mubarok di Pondok Pesantren Al-Majidiyyah dalam membina akhlak santri. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif. Lokasi Penelitian di Pondok Pesantren Al-Majidiyah Sukasari Sumedang. Menggunakan teori medan dakwah. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan pustaka. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: Pertama, KH Muslim Mubarak menerapkan metode dakwah berlandaskan QS An-Nahl [16]: 125 yaitu (1) Hikmah; (2) Mauizhatul Hasanah dan (3) Mujadalah. Beliau, lebih sering mengedepankan metode hikmah dengan kebijaksanaan dan ajakan berpikir. Kedua, Kegiatan dakwah yang dilakukan oleh KH Muslim Mubarok dalam membina akhlak santri melalui beberapa program kegiatan, sebagai berikut: (1) Program ta’lim (pengajaran), (2) Pendidikan kebiasaan (ta’dib); (3) Penerapan rutinitas membaca Al-Waqiah dan wirid; (4) Evaluasi mingguan; dan (5) Mengoptimalkan media sosial sebagai media penyebaran pesan dakwah. Ketiga, Hambatan KH. Muslim Mubarok dalam membina akhlak santri terbagi menjadi dua kelompok yaitu: (1) Hambatan internal, yaitu KH. Muslim Mubarok merasakan keterbatasan berhubungan dengan memberikan contoh keteladanan, namun beliau senantiasa memperbaiki diri pribadi untuk menjadi figur layak diteladani. (2) Hambatan eksternal, yaitu pergaulan akhlak santri berasal dari lingkungan asalnya sebelum mondok. Selain itu, kepercayaan orangtua terkadang menurun terhadap pondok pesantren, akibatnya berpengaruh terhadap keberkahan anak selama di pesantren. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penting dai memahami medan dakwah yang dihadapi agar dakwah dapat berjalan dengan tepat. Kebaruan dalam penelitian ini adalah kharismatik dan keteladanan yang ditampilkan oleh KH. Muslim Mubarok mendorong kelancaran berdakwah dalam membina akhlak santri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Dakwah; Akhlak santri; Pondok Pesantren
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: ahmad sihabudin sihabudin
Date Deposited: 22 May 2024 04:31
Last Modified: 22 May 2024 04:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87978

Actions (login required)

View Item View Item