Metode dakwah Ustadz Ade Sukarya pada kegiatan keagamaan: Analisis komunikasi persuasif pada metode dakwah Ustadz Ade Sukarya di Kampung Cikubang, Desa Mandalasari, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat

Mubarok, Fakhri Wahdan (2024) Metode dakwah Ustadz Ade Sukarya pada kegiatan keagamaan: Analisis komunikasi persuasif pada metode dakwah Ustadz Ade Sukarya di Kampung Cikubang, Desa Mandalasari, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah adalah kewajiban bagi umat manusia, terutama umat Islam, karena merupakan perintah langsung dari Allah SWT. Manusia dilahirkan untuk menyebarkan ajaran Islam dengan cara yang lembut dan penuh kebaikan. Tujuannya adalah agar orang-orang bisa beriman kepada Allah SWT secara sukarela, tanpa paksaan. Sebagai contoh, Ustadz Ade Sukarya selalu menyampaikan dakwahnya dengan bahasa yang lembut dan mudah dipahami oleh jamaahnya. Keunikan Ustadz Ade Sukarya terletak pada metode dakwahnya yang mencakup penggunaan gaya penulisan skripsi sebagai salah satu proses penerapan metode dakwahnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana metode dakwah Ustadz Ade Sukarya pada kegiatan keagamaan dan bagaimana analisa komunikasi persuasif penerapan metode dakwah Ustadz Ade Sukarya pada kegiatan keagamaan. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi persuasif. Menurut Ezi Hendri (2019) teori komunikasi persuasif meliputi 1) Kognitif 2) Afektif 3) Konatif. Selain itu, diperkuat dengan teori komunikasi Harold Lasswel. Menurut Lasswel teori ini meliputi 1) Sumber 2) Pesan 3) Saluran 4) Penerima 5) Efek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Metode yang diterapkan adalah metode deskriptif dengan pengumpulan data primer melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dakwah Ustadz Ade Sukarya telah sesuai dengan teori komunikasi persuasif yaitu meliputi 1) Kognitif ialah individu yang awalnya tidak tahu tetapi setelah menerima pesan menjadi tahu. Jamaah yang awalnya tidak tahu mengenai materi dakwah yang disampaikan da’i, setelah mendengarkan ceramah mereka menjadi tahu. 2) Afektif merujuk pada kecenderungan individu untuk merasakan suka atau tidak suka terhadap sesuatu, serta menjadi termotivasi atau tidak termotivasi olehnya. Setelah jamaah mendengarkan ceramah dari da’i, mereka termotivasi untuk melakukan hal-hal yang baik. 3) Konatif ialah perubahan sikap dan perilaku setelah menerima pesan. Da’i yang telah menjelaskan pentingnya sholat pada jamaah, yang awalnya mereka tidak melakukannya setelah mendengarkan ceramah tersebut mereka beristiqomah menjalankannya. Selain itu, Ustadz Ade Sukarya sesuai juga dengan teori komunikasi Harold Lasswel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: metode dakwah; da’i; kegiatan keagamaan; persuasif
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: fakhri wah fakhri wahdan
Date Deposited: 22 May 2024 07:59
Last Modified: 22 May 2024 07:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87979

Actions (login required)

View Item View Item