Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program Buruan Sehat Alami Ekonomis (SAE): Studi deskriptif di RW 03 Kelurahan Pakemitan Kecamatan Cinambo Kota Bandung

Bayan, Rozanah Dhatil (2024) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program Buruan Sehat Alami Ekonomis (SAE): Studi deskriptif di RW 03 Kelurahan Pakemitan Kecamatan Cinambo Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab2.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy

Abstract

Wilayah RW 03 telah menggiatkan masyarakatnya dalam kegiatan lingkungan. Berangkat dari kepedulian terhadap lingkungan sekitar, kegiatan mengelola sampah menjadi hal yang tidak asing lagi dilakukan ketika diturunkannya imbauan terhadap darurat sampah. Pengelolaan sampah menjadi manfaat yang luas pada sektor lain. Sektor peternakan, budi daya maggot, pertanian, dan sektor-sektor lain yang dilakukannya memberikan manfaat utamanya pada keberlanjutan lingkungan. Namun di samping itu terdapat peluang pada aspek perekonomiannya. Menciptakan lapangan kerja dan membuka usaha mikro kecil menengah di wilayah tersebut dari adanya program Buruan SAE yang terbentuk dari kegiatan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program yang dijalankan oleh masyarakat RW 03 terkhusus pengurus dan anggota Buruan SAE. Implementasi terhadap program tersebut sehingga timbul proses pemberdayaan ekonomi di dalamnya. Penelitian ini berlandaskan pada teori Usman, bahwa lima indikator pemberdayaan ekonomi berfokus pada penyediaan modal, pembangunan infrastruktur, ketersediaan sarana, pelatihan kepada masyarakat, serta penguatan struktur kelembagaan. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data-data dikumpulkan melalui proses observasi, wawancara dan studi dokumen. Informan ditentukan menggunakan teknik purposive sampling, informan dalam penelitian ini yaitu Pengurus Buruan SAE. Keabsahan data ditentukan oleh teknik triangulasi dengan melalui proses tahap reduksi, penyajian dan verifikasi data. Penelitian ini berkaitan dengan pengembangan masyarakat yang berfokus pada Sumber Daya Ekonomi (SDE) dan lingkungannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Buruan SAE dijalankan sebagai upaya pencegahan kerusakan lingkungan dan kemandirian pangan dan ekonomi masyarakatnya. Yang berjalan pada berbagai sektor yang diciptakan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kemandirian ekonomi masyarakat RW 03 diperoleh dari keberjalanan program Buruan SAE.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Ekonomi; Buruan SAE
Subjects: Communities > Community Sociology
Communities > Urban Communities, Cities
Communities > Socialist Communities
Ecology
Ecology > Urban Ecology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rozanah Dhatil Bayan
Date Deposited: 22 May 2024 07:47
Last Modified: 22 May 2024 07:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87991

Actions (login required)

View Item View Item