Ali, Mukti (2023) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam budaya organisasi sekolah: Penelitian di SMP Bindang Madani dan SMP Istiqomah Kota Bandung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (523kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (962kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (547kB) |
Abstract
Budaya organisasi sekolah merupakan sekumpulan nilai yang melandasi perilaku, tradisi, kebiasaan keseharian, dan simbol-simbol yang dipraktikkan oleh kepala sekolah, guru, petugas, administrasi, peserta didik, dan masyarakat sekitar sekolah. Dengan demikian budaya organisasi sekolah juga menjadi suatu ciri khas dan karakter suatu sekolah yang menjadi pembeda antara satu sekolah dengan sekolah yang lain. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam dalam budaya organisasi Sekolah Menengah Pertama Kota Bandung yang meliputi; tujuan, program, pelaksanaan, pengawasan dan hasil nilai-nilai pendidikan Islam dalam budaya organisasi sekolah dalam membentuk karakter peserta didik yang Islami dan peningkatan pembelajaran guru pendidikan agama Islam. Penelitian kualitatif sosiologis lembaga pendidikan ini menggunakan pendekatan kualitatif evaluatif. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah studi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Sumber data primer terdiri dari Guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, peserta didik SMP Kota Bandung. Sumber data sekunder terdiri dari buku-buku yang relevan dan naskah-naskah peraturan pemerintah, dan internet. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tujuan nilai-nilai pendidikan Islam dalam budaya organisasi sekolah kedua sekolah memiliki tujuan yang sama yaitu; komitmen bersama dalam upaya menciptakan peserta didik muslim yang berilmu pengetahuan tinggi, dimana iman dan taqwa menjadi pengendali dalam penerapan atau pengalamannya dalam masyarakat, juga dapat meningkatkan pembelajaran dan menumbuhkan karakter peserta didik yang Islamai. 2) Program: a) SMP Bintang Madani; Pesantren Al-Qur’an, Mabit, Stream, LSR, dan English Camp. Solat Duha, Membaca Al- Matsurat, dan Kajumpa (Bercerita Sirah Nabawiah). b) SMP Istiqamah: Harian; Berdo’a sebelum dan setelah KBM, Tadarus, Sholat Dhuha, Shalat Dzuhur dan Shalat Ashar berjama’ah, Kultum/ Pidato, Maghrib mengaji. Mingguan; Tahajud Call setiap hari senin & kamis, Puasa sunnah senin & kamis (minggu pertama), Infaq Jum’at (Kencleng Jum’at) dikumpulkan ketika kegiatan ramadhan untuk kegiatan baksos, Shalat Jum’at berjama’ah (untuk putra), Keputrian setiap hari jum’at (untuk putri). Bulanan: Kajian rutin bulanan pendidik & camp; tenaga kependidikan setiap hari jum’at pukul (dalam konfirmasi). Tahunan: Puasa sunnah 6 hari di bulan syawal, Puasa Sunnah Asysyura 10 muharrom, Puasa Arofah, Camp Qur’an, Kegiatan Ramadhan, Munaqosyah Tahfidz kelas 9, Wisuda Tahfidz, Praktek Ibadah Qurban, Manasik Haji, Peringatan Hari Besar Islam (PHBI). Insidental (Bakti sosial). 3)Pelaksanaan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Budaya Organisasi Sekolah: a) SMP Bintang Madani; Mingguan, Semesteran, Harian. b) SMP Istiqamah. Harian, Mingguan, Bulanan, Tahunan, dan Insidental. 4)Pengawasan pelaksanaan: 1) SMP Bintang Madani: a) Tim manajemen yayasan, b) Pengawas PAI Kementerian Agama Kota Bandung. 2) SMPIstiqamah: a) Tim Manajemen Yayasan. b) Koordinator Keagamaan, c) Pengawas PAI Kementerian Agama Kota Bandung. 5)Hasil Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Budaya Organisasi Sekolah dari dua sekolah tersebut: menjadi ciri khas, mewujudkan misi sekolah, membentuk peserta didik yang berkarakter Islami, dan meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Islam.
Item Type: | Thesis (Doktoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | nilai pendidikan; pendidikan islam; budaya organisasi; pendidikan menengah |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ilham Nurfauzi |
Date Deposited: | 31 May 2024 07:15 |
Last Modified: | 31 May 2024 07:16 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87995 |
Actions (login required)
View Item |