Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani dalam meningkatkan ekonomi keluarga: Studi deskriptif di Desa Tegallega Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang

Adha, Hilmia (2024) Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani dalam meningkatkan ekonomi keluarga: Studi deskriptif di Desa Tegallega Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)

Abstract

Kelompok Wanita Tani (KWT) Tegal Sejahtera merupakan wadah untuk para perempuan yang ada di RW 06 Desa Tegallega yang memberikan akses serta kesempatan dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang didampingi oleh Patriot Desa Tegallega. KWT Tegal Sejahtera merupakan salah satu kegiatan strategis dalam rangka ikut berpartisipasi untuk pembangunan dalam upaya pemberdayaan perempuan di bidang pertanian dengan memanfaatkan lahan pekarangan untuk menghasilkan beragam pangan lokal yang diharapkan dapat meningkatkan nilai jual dan berdampak pada peningkatan pendapatan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Program pemberdayaan kelompok wanita tani melalui pemanfaatan lahan pekarangan yang (2) Proses pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Tegal Sejahtera dalam meningkatkan ekonomi keluarga, (3) Hasil program pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Tegal Sejahtera dalam meningkatkan ekonomi keluarga. Penelitian ini didasarkan pada teori pemberdayaan Edi Suharto, teori tersebut dipahami bahwasanya pemberdayaan merupakan sebuah tujuan dan proses untuk menuju keberhasilan, dalam teori tersebut dipaparkan bahwa proses pemberdayaan dapat dilakukan dengan beberapa pendekatan. dan keberhasilan suatu pemberdayaan dapat diukur dengan indikator pemberdayaan yang sudah di tentukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi deskriptif, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, tahap berikutnya melakukan analisis data dari mulai verifikasi, klasifikasi, kategorisasi data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pemberdayaan yang dilakukan Kelompok Wanita Tani Tegal Sejahtera di Desa Tegallega dengan program pemanfaatan lahan pekarangan, dalam proses pemberdayaannya melibatkan beberapa elemen baik itu pemerintah serta swasta yang ikut berpartisipasi. Keberhasilan yang dicapainya adalah terpenuhinya kebutuhan sekunder para anggota dan adanya perubahan yang ditemukan baik dari peningkatan finansial maupun hubungan interkasi sosial yang baik antara anggota KWT dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Keluarga; Kelompok Wanita Tani; Pemberdayaan Wanita
Subjects: Financial Economics, Finance
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Women
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Hilmia Adha
Date Deposited: 27 May 2024 01:08
Last Modified: 27 May 2024 01:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88001

Actions (login required)

View Item View Item