Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) dalam meningkatkan ekonomi keluarga: Studi deskriptif di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Karawang

Syarif, Huri Aqilah (2024) Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) dalam meningkatkan ekonomi keluarga: Studi deskriptif di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
COVER .pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)

Abstract

Perempuan yang sudah tidak memiliki suami menanggung tanggung jawab ekonomi sebagai kepala keluarga, yang merupakan perubahan status. Mereka harus mempertimbangkan pilihan mereka untuk menjalani kehidupan secara keseluruhan, melalui karir atau bisnis. Untuk membantu mereka memperbaiki kehidupan mereka, pemerintah datang dan menawarkan kegiatan yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka. Program ini disebut PEKKA (Perempuan Kepala Keluarga). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang program PEKKA, bagaimana program PEKKA ini dijalankan, dan bagaimana hasilnya berdampak pada peningkatan ekonomi keluarga. Penelitian ini didasarkan pada teori pemberdayaan Menurut Marmoah teori tersebut dipahami bahwasanya pemberdayaan perempuan adalah upaya untuk meningkatkan kemandirian wanita dengan mempertahankan nilai-nilai tradisi lokal dan kekhasannya.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Artinya, masalah yang diteliti digambarkan secara langsung, tanpa menambahkan atau mengurangi apa pun. Metode pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, tahap berikutnya melakukan analisis data dari mulai verifikasi, klasifikasi, kategorisasi data dan menarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa program PEKKA dimulai di Kabupaten Karawang sebagai akibat dari adopsi program Komisi Nasional Perempuan. Namun, program ini ditujukan untuk perempuan yang ingin berusaha dan berkembang untuk membantu penghasilan keluarga, baik mereka yang janda atau masih memiliki suami dengan beberapa syarat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan keluarga melalui pelatihan memasak dan membuat kerajinan. Selain itu, dampak program PEKKA pada peningkatan ekonomi keluarga, yang mencakup peningkatan taraf hidup, peningkatan kesadaran kritis, dan memenuhi kebutuhan keluarga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Keluarga; Perempuan Kepala Keluarga; Pemberdayaan Perempuan; Perempuan Kepala Keluarga
Subjects: Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Huri Aqilah Syarif
Date Deposited: 27 May 2024 01:03
Last Modified: 27 May 2024 01:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88026

Actions (login required)

View Item View Item