Hubungan manajerial kepala seksi dan kualitas layanan seksi Pendidikan Agama Islam di Kemenag Kabupaten Bandung: Penelitian di kantor Kementrian Agama Kabupaten Bandung

Primananda, Elsa Is (2023) Hubungan manajerial kepala seksi dan kualitas layanan seksi Pendidikan Agama Islam di Kemenag Kabupaten Bandung: Penelitian di kantor Kementrian Agama Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy

Abstract

Kualitas dapat dijadikan sebagai tolak ukur dalam menilai seberapa bagus pelayanan yang diberikan mampu memenuhi kepuasan pelanggan. Dapat dikatakan kualitas pelayanan ditentukan oleh kemampuan suatu lembaga atau Instansi dalam memenuhi kebutuhan pelanggannya sesuai dengan yang diharapkan. Tingkat kualitas pelayanan dapat diketahui dari respon pengguna layanan. Dengan adanya kualitas pelayanan yang baik maka akan menciptakan rasa kepuasan atau respon yang baik dari masyarakat pengguna layanan. Penelitian ini bermaksud untuk menganalisa hubungan kemampuan manajerial kepala seksi terhadap kualitas layanan seksi Pendidikan agama islam di kantor kementian agama. Indikator lembaga pendidikan islam yang berkualitas salah satunya adalah sumber daya pengelolanya memiliki kinerja yang baik, sehingga kualitas pelayanannya baik pula. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional dan pendekatan kuantitatif berjenis korelasi yang dilakukan pada 66 Guru PAI se-Kabupaten Bandung. Teknik pengumpulan data mengunakan kuesioner dan analisis data dilakukan melalui tahapan uji instrument untuk mengetahui validitas dan reabilitas kuesioner, uji analisis parsial per indikator, uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas, serta uji hubungan atau korelasi. Hasil yang diperoleh dari pengujian statistik secara keseluruhan menunjukkan bahwa kemampuan manajerial kepala seksi terhadap kualitas layanan seksi Pendidikan Agama Islam memiliki hubungan kepuasan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kemudian hasil dari uji korelasi memperoleh nilai sebesar 0,879 yang berarti kemampuan manajerial kepala seksi dan kualitas layanan seksi Pendidikan Agama Islam di Kantor Kemenag Kabupaten Bandung memiliki hubungan yang sangat kuat dan berada pada kategori 0,800-1,000. Adapun jenis hubungan pada kemampuan manajerial kepala seksi dan kualitas layanan seksi Pendidikan Agama Islam di Kantor Kemenag Kabupaten Bandung menunjukan hasil yang bersifat positif (+) yang dapat dibuktikan dengan nilai pearson correlations sebesar 0,879 dan tidak memiliki sifat yang negatif (-) pada angka tersebut. Oleh karena itu, kedua variabel memiliki hubungan yang searah yang berarti semakin tinggi kemampuan manajerial kepala seksi, maka semakin tinggi pula tingkat kualitas layanan seksi Pendidikan Agama Islam di Kantor Kemenag Kabupaten Bandung. Selain itu, penelitian ini juga memperoleh hasil dari uji koefisiensi determinasi (R square) diperoleh nilai 0,370 yang artinya kontribusi variabel kemampuan manajerial kepala seksi dengan kualitas layanan seksi Pendidikan Agama Islam sebesar 37% dan selebihnya 63% direkomendasikan oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan; Manajerial Kepala Seksi; Kualitas Layanan
Subjects: Islam
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Elsa Is Primananda Is Primananda
Date Deposited: 27 May 2024 07:18
Last Modified: 28 May 2024 07:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88031

Actions (login required)

View Item View Item