Pengaruh kesabaran terhadap stres kerja Guru Sekolah Luar Biasa: Studi kasus di SLB Pancaran Iman Kota Bandung dam SLB Roudhotul Zannah Kabupaten Bandung

Algevari, Zaidan Azhar (2024) Pengaruh kesabaran terhadap stres kerja Guru Sekolah Luar Biasa: Studi kasus di SLB Pancaran Iman Kota Bandung dam SLB Roudhotul Zannah Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab 1.pdf

Download (437kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)

Abstract

Stres kerja merupakan tantangan yang umum dihadapi oleh guru di sekolah luar biasa. Tujuan dari penelitian yang telah peneliti lakukan, berdasarkan rumusan-rumusan masalah yaitu, sebagai berikut, mengetahui tingkat kesabaran pada guru sekolah luar biasa, mengetahui tingkat stres kerja pada guru sekolah luar biasa, dan juga bertujuan untuk mengkaji pengaruh kesabaran terhadap tingkat stres kerja yang dialami oleh guru sekolah luar biasa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh para guru SLB yang harus tetap bisa memiliki tujuan pengajaran dalam mengajar berbagai karakteristik anak-anak dengan kebutuhan khusus, seperti autisme, gangguan perkembangan, atau kesulitan belajar dan lainnya. Menanggapi kebutuhan beragam ini bisa menjadi tantangan, dan guru mungkin merasa tidak sabar ketika mencoba menyusun pembelajaran yang relevan bagi setiap siswa. Beberapa guru SLB mungkin merasa kurang mendapatkan pelatihan yang memadai untuk menghadapi kebutuhan khusus siswa mereka. Ketidakpahaman atau kurangnya dukungan dapat menyebabkan tingkat stres yang lebih tinggi. Dalam penelitian ini, digunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data yang dilakukan pada penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan instrumen penelitian berupa observasi, dokumentasi dan menyebarkan kuesioner dengan online di Google Form. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 31 guru. Lokasi yang peneliti ambil sebagai tempat pelaksanaan penelitian ini yaitu di SLB Pancaran Iman yang lebih dikenal sebagai sekolah dengan berbasis pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus di Kota Bandung yang terletak didaerah cisaranten. Dan yang kedua adalah SLB Roudhotul Jannah yang terletak di Kabupaten Bandung. Hasil Penelitian ini menunjukan kesabaran pada guru di SLB Pancaran Iman dan SLB Roudhotul Zannah memiliki kategori tinggi sebesar 83,87% kategori sedang sebesar 9,68%, dan kategori rendah sebesar 6,54%. Sedangkan untuk stres kerja menunjukan untuk kategori tinggi sebesar 80,64%, kategori sedang sebesar 3,23%, dan kategori rendah sebesar 16,13%. Hasil yang didapat dari penelitian uji hipotesis (T partial) dengan thitung lebih besar daripada ttabel yaitu 27.368 > 2.045 dan nilai signifikansi (Sig.) 0.000 < 0.05, maka dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kesabaran terhadap stres kerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kesabaran; Stres Kerja; Guru; Sekolah Luar Biasa
Subjects: Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Special Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Zaidan Azhar Algevari
Date Deposited: 27 May 2024 04:25
Last Modified: 29 May 2024 02:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88065

Actions (login required)

View Item View Item