Solidaritas sosial dalam satuan komunitas Pramuka Paguyuban Pasundan: Studi pada satuan komunitas Pramuka Paguyuban Pasundan Kota Bandung

Utama, Yuda Prawira (2024) Solidaritas sosial dalam satuan komunitas Pramuka Paguyuban Pasundan: Studi pada satuan komunitas Pramuka Paguyuban Pasundan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)

Abstract

Solidaritas Sosial mengedepankan pada suatu keadaan dimana relasi antara aktor maupun sistem sosial berdasarkan pada perasaan moral, keyakinan yang dipegang secara kolektif serta diperjelas oleh pengalaman emosional yang tinggi secara bersama-sama. Secara fundamental, yang terpenting dari hasil ideal kelompok atau komunitas sosial yaitu ada di anggota kelompok itu sendiri guna menghasilkan kemanfaatan untuk sumber daya, dan sosial budaya. Hasil kemanfaatan ini seperti rancangan bagian dari kebutuhannya, merencanakan pemenuhan, dan menerapkannya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana bentuk solidaritas sosial yang dilakukan di Komunitas Pramuka Pasundan. Serta mengetahui faktor yang membentuk solidaritas sosial di Komunitas Pramuka Pasundan. Teori yang diimplementasikan dalam peneliian merupakan Teori Solidaritas Sosial Mekanik-Organik. Teori tersebut mengklasifikasikan solidaritas dan kelompok sosial dalam setiap dinamika antar individu serta kelompok yang terjadi dalam Komunitas Pramuka Pasundan. Metode dalam jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah dengan observasi pengamatan, wawancara terstruktur, kuesioner atau angket, dan studi dokumentasi. Sumber data dalam penelitian meliputi data primer, melalui informan yang terkait langsung dengan objek penelitian. Serta data sekunder, data yang diperoleh dari sumber referensi dalam bentuk buku, dokumen, media internet, data yang berkaitan dengan tema penelitian. Teknik analisis data yang digunakan melalui beberapa tahap, yaitu reduksi data yang terfokus pada pengambilan data yang paling dasar serta sesuai dengan fokus penelitian, Display data merupakan upaya mengadakan data-data dalam bentuk diagram, tabel, uraian singkat, bagan dan lain sebagainya, dan diambil hasil Kesimpulan data terhadap fenomena di dalam suatu penelitian. Apabila data yang diperoleh kurang mendukung, maka peneliti melakukan verifikasi dengan mengumpulkan data tambahan yang menunjang penelitian atau data baru. Hasil penelitian menunjukkan bentuk Solidaritas Sosial terjadi dalam klasifikasi Solidaritas Mekanik-Organik, dalam Solidaritas Mekanik, Menjalin kesadaran gotong royong, Menjalin kerja sama, Kesamaan wilayah geografis, dan Kepentingan yang sama. Dalam Solidaritas Organik, Adanya pembagian kerja yang tinggi, Terbentuknya kepentingan yang tinggi, Terjadinya, konsensus secara terstruktur, Terjalin secara sistematis sesuai dengan akidah yang diterapkan. Faktor terkait dengan Solidaritas Sosial seperti alasan menjadi anggota, sharing masalah antar anggota, kesetiakawanan sosial, bakat kreativitas dan hobi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Solidaritas sosial; komunitas; pramuka
Subjects: Social Process
Social Process > Social Norms
Social Groups
Social Groups > Social Classes
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Yuda Prawira
Date Deposited: 27 May 2024 07:22
Last Modified: 28 May 2024 07:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88077

Actions (login required)

View Item View Item