Hubungan kepemimpinan kepala Tata Usaha dengan pelayanan administrasi: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kab Bandung

Shintia, Euis (2020) Hubungan kepemimpinan kepala Tata Usaha dengan pelayanan administrasi: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kab Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Dajti Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text (BABA II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)

Abstract

Tata usaha madrasah adalah bagian dari unit pelaksana teknis penyelenggaraan sistem administrasi dan informasi pendidikan di madrasah. namun masalah yang ada pada tata usaha kurang tegasnya seorang kepala tata usaha dalam memberikan pengarahan kepada tenaga kependidikan, dan teknis penyelenggaraan Pelayanan administrasi ada yang belum memahami tugasnya sehingga pelayanan menjadi lambat dan arsip-arsip madrasah bertumpuk melihat fasilitas TU kurang memadai. Oleh karena itu, adanya administrasi di madrasah secara umum merupakan tanggung jawab kepala tata usaha sehingga Informasi yang dikelola tata usaha madrasah penting sebagai basis pelayanan dan bahan pengambilan keputusan madrasah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui :1) kepemimpinan kepala tata usaha di MTsN Se-Kab Bandung, 2) pelayanan administrasi di MTsN Se-Kab Bandung, 3) hubungan kepemimpinan kepala tata usaha dengan pelayanan administrasi di MTsN Se-Kab Bandung. Penelitian ini didasarkan pada teori kepemimpinan dimana peneliti menitik beratkan pada proses pelayanan yang diberikan, atau pelayanan yang diberikan tidak terlepas dari keberhasilan seorang pemimpin dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan kualitas tata usaha di madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif analisis dan metode korelasi. Teknik pengambilan data menggunakan penyebaran angket dan studi dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan 1) uji instrumen : validitas dan reliabilitas, 2) uji analisis deskriptif3) uji prasyarat : normalitas, dan 4) uji korelasi : korelasi dan linieritas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) kepemimpinan kepala tata usaha di MTsN Se-kab Bandung secara keseluruhan = 79,20%. Nilai tersebut berada pada rentang interval 61%-80%. Dengan demikian, tergolong kategori baik dalam melaksanakan sesuai aspek kepemimpinan kepala tata usaha.2) Pelayanan administrasi di MTsN Se-Kab Bandung Secara keseluruhan = 74,93% Nilai tersebut berada pada rentang interval 61%-80%. Dengan demikian, tergolong kategori baik melaksanakan sesuai dengan aspek pelayanan administrasi. 3) Hubungan kepemimpinan kepala tata usaha dengan pelayanan administrasi diperoleh 0,621. Oleh karena itu 0,621 terdapat korelasi yang termasuk interpretasi 0,60-0,799 atau adanya hubungan yang kuat antara kepemimpinan kepala tata usaha dengan pelayanan administrasi yang terdiri dari Tangible, Reliability, Responsivenes, Assurance, dan Empaty. Dengan demikian, diharapkan kepemimpinan kepala tata usaha di MTsN Se-Kab Bandung dapat dipertahankan dan ditingkatkan terutama dalam aspek Bersifat adil, memberi sugesti, mendukung tercapainya tujuan, katalisator, menciptakan rasa aman, wakil organisasi, dan sumber inspirasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Tata Usaha Madrasah; Pelayanan Administrasi
Subjects: Social Process > Leadership
General Management
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Euis Shintia
Date Deposited: 27 May 2024 03:49
Last Modified: 29 May 2024 03:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88095

Actions (login required)

View Item View Item