Pemahaman wartawan mengenai jurnalisme damai: Studi fenomenologi pada wartawan Aliansi Jurnalis Independen cabang kota Bandung

Hansyu, Muhamad Fhadli (2024) Pemahaman wartawan mengenai jurnalisme damai: Studi fenomenologi pada wartawan Aliansi Jurnalis Independen cabang kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pemahaman wartawan Aliansi Jurnalis Independen mengenai jurnalisme damai. Penelitian ini dimulai dengan keresahan peneliti dalam berita-berita di media yang kadang salah dalam memuat berita sehingga konflik semakin memanas. Maka dari itu, peneliti ingin mengetahui pemahaman wartawan mengenai jurnalisme damai. Fokus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman wartawan Aliansi Jurnalis Independen mengenai jurnalisme damai, bagaimana pemaknaan wartawan Aliansi Jurnalis Independen mengenai jurnalisme damai, bagaimana pengalaman wartawan Aliansi Jurnalis Independen mengenai jurnalisme damai. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori fenomenologi Alfred Schutz, karena diharapkan bisa mendapatkan pengalaman dan mengetahui bagaimana pemahaman wartawan Aliansi Jurnalis Independen mengenai jurnalisme damai. Paradigma kontruktivisme dirasa cocok digunakan pada penelitian ini karena diharapkan informan (wartawan) dapat menginterpretasikan pengalamannya selama peliputan tentang konflik yang berhubungan dengan jurnalisme damai sesuai dengan fokus penelitian. Kemudian menggunakan pendekatan kualitatif, karena menganalisis secara deskriptif dan membatasi masalah penelitian berdasarkan fokus penelitian serta memperoleh data yang lebih luas kepada para narasumber dalam memberikan jawaban untuk kebutuhan penelitian. Hasil dari penelitian ini bahwa menemukan bahwa seluruh informan mengetahui dan memahami apa itu konsep jurnalisme damai, penggunaan jurnalisme damai sangat penting dalam konflik, dalam aspek pemaknaan wartawan berpendapat bahwa harus lebih mengedepankan persamaan daripada perbedaannya dan juga dengan memuat berita yang menggunakan konsep jurnalisme damai diharapkan orang-orang bisa ikut untuk meredakan konflik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; Wartawan; Jurnalisme Damai
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Muhamad Fhadli Hansyu
Date Deposited: 28 May 2024 02:07
Last Modified: 28 May 2024 02:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88110

Actions (login required)

View Item View Item