Karakteristik kepemimpinan Nabi Daud dalam Al-Qur'an: Telaah penafsiran Abu Ja’far Muhammad ibn Jarir Ath-Thabari dalam Kitab Jami’ul Bayan ‘an Ta’wili Ayil Qur’an

Fauziah, Deuis (2024) Karakteristik kepemimpinan Nabi Daud dalam Al-Qur'an: Telaah penafsiran Abu Ja’far Muhammad ibn Jarir Ath-Thabari dalam Kitab Jami’ul Bayan ‘an Ta’wili Ayil Qur’an. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)

Abstract

Hal yang paling diperhatikan dan ditekankan oleh Al-Qur’an dan Al-Sunnah untuk dapat mewujudkan pemerintahan Islam ialah “soal kepemimpinan”. Sehingga kepemimpinan adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dalam lingkup kehidupan sehari-hari dan agama Islam. Dalam menjalani kehidupan, sudah menjadi hal yang lumrah bagi manusia untuk membentuk sebuah komunitas, sehingga dalam sebuah komunitas membutuhkan sosok peran pemimpin. Dalam Al-Qur’an pembahsan tentang kepemimpinan dijelaskan dengan berbagai cara, salah satunya melalui kisah kepemimpinan paraNabi terdahulu. Salah satunya dijelaskan pada kisah kepemimpinan Nabi Daud. Pengkajian kisah kepemimpinan Nabi Daud merupakan hal yang penting, sebab dapat dijadikan sebagai teladan dan menjadi pembelajaran untuk pemimpin masa kini. Para sarjana telah ada yang membahas terkait kisah kepemimpinan Nabi Daud, akan tetapi belum ada yang membahas terkait karakteristik kepemimpinan Nabi Daud dalam Al-Qur’an berdasarkan penafsiran Abu Ja’far Muhammad ibn Jarir Ath-Thabari dalam Kitab Jami’ul Bayan ‘an Ta’wili Ayil Qur’an. Sehingga penulis melihat adanya ruang kosong untuk melengkapi penelitian terkait Karakteristik kepemimpinan Nabi Daud dalam Al-Qur’an berdasarkan penafsiran Abu Ja’far Muhammad ibn Jarir Ath-Thabari dalam Kitab Jami’ul Bayan ‘an Ta’wili Ayil Qur’an. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan Teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan yang bersumber utama ayat kisah Nabi Daud dalam Q.S. Al-Baqarah/2: 251, Q.S. Al-Anbiya/21: 78, Q.S. Sad/38: 17-26 dan menggunakan Tafsir Jami’ul Bayan ‘an Ta’wili Ayil Qur’an karya Abu Ja’far Muhammad ibn Jarir Ath-Thabari. Data yang didapat kemudian dianalisis secara deskriptif-analisis dengan menggunakan metode tahlili. Hasil penelitian ini adalah 1. Nabi Daud merupakan pemimpin secara formal, 2. Tugas Nabi Daud ialah mengelola sebuah wilayah agar menjadi wilayah yang damai dan Sejahtera, mendengarkan aspirasi masyarakatnya, dan menyelesaikan perkara dengan adil dan bijaksana, 3. Karakteristik kepemimpinan Nabi Daud ialah kuat keyakinannya kepada Allah, Pemberani, Berani memperjuangkan hak, Peduli dan Menyayangi sesama makhluk, Rendah hati dalam menerima masukkan, Taat dalam Beribadah Kepada Allah, Hati-hati dalam Mengambil Keputusan, Segera Bertaubat Setelah Melakukan Dosa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Daud; Tafsir
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Deuis Deuis Fauziah
Date Deposited: 29 May 2024 06:29
Last Modified: 29 May 2024 06:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88226

Actions (login required)

View Item View Item