Nurhaqim, Irham Maulana (2023) Implementasi pembelajaran fisika berbasis praktikum berbantuan smartphone untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi gelombang bunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (240kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
Abstract
Literasi sains menggambarkan cara berpikir seseorang untuk mengolah maupun menggunakan teknologi khususnya smartphone, kemajuan bidang teknologi dapat dimanfaatkan untuk sebuah praktikum disekolah agar peserta didik dapat tertarik unutk melakukan praktikum. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui: 1) keterlaksanaan praktikum menggunakan smartphone, 2) peningkatan literasi sains peserta didik setelah praktikum menggunakan smartphone, dan 3) respon peserta didik terhadap terhadap praktikum berbantuan smartphone. Penelitian ini menggunakan metode pre-experiment dengan desain one group pretest posttest. Sampel yang digunakan kelas XI SMA dengan kurikulum 13 di SMA BPPI Baleendah Kabupaten Bandung yang berjumlah 36 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) berdasarkan hasil dengan dilakukan pretest dan posttest terdapat peningkatan, 2) terdapat peningkatan nilai posttest dari nilai pretest dengan perolehan nilai N-gain rata-rata berkategori sedang, dan 3) terdapat respon positif dari peserta didik terhadap praktikum berbantuan smartphone. Berdasarkan hasil uji t, didapatkan nilai "t" _"hitung" " " > "t" _"tabel" menyebabkan hipotesis nol ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan literasi sains peserta didik setelah melakukan pembelajaran praktikum berbantuan smartphone.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LITERASI SAINS; FISIKA; GELOMBANG BUNYI |
Subjects: | Data Processing, Computer Science > Computer Science Education Use of Other Information Media > Reading Interest and Habits Physics > Physicists |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Irham Nurhaqim |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 01:29 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 01:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88240 |
Actions (login required)
View Item |