Implementasi pembelajaran fisika berbasis praktikum berbantuan smartphone untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi gelombang bunyi

Nurhaqim, Irham Maulana (2023) Implementasi pembelajaran fisika berbasis praktikum berbantuan smartphone untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi gelombang bunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy

Abstract

Literasi sains menggambarkan cara berpikir seseorang untuk mengolah maupun menggunakan teknologi khususnya smartphone, kemajuan bidang teknologi dapat dimanfaatkan untuk sebuah praktikum disekolah agar peserta didik dapat tertarik unutk melakukan praktikum. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui: 1) keterlaksanaan praktikum menggunakan smartphone, 2) peningkatan literasi sains peserta didik setelah praktikum menggunakan smartphone, dan 3) respon peserta didik terhadap terhadap praktikum berbantuan smartphone. Penelitian ini menggunakan metode pre-experiment dengan desain one group pretest posttest. Sampel yang digunakan kelas XI SMA dengan kurikulum 13 di SMA BPPI Baleendah Kabupaten Bandung yang berjumlah 36 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) berdasarkan hasil dengan dilakukan pretest dan posttest terdapat peningkatan, 2) terdapat peningkatan nilai posttest dari nilai pretest dengan perolehan nilai N-gain rata-rata berkategori sedang, dan 3) terdapat respon positif dari peserta didik terhadap praktikum berbantuan smartphone. Berdasarkan hasil uji t, didapatkan nilai "t" _"hitung" " " > "t" _"tabel" menyebabkan hipotesis nol ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan literasi sains peserta didik setelah melakukan pembelajaran praktikum berbantuan smartphone.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: LITERASI SAINS; FISIKA; GELOMBANG BUNYI
Subjects: Data Processing, Computer Science > Computer Science Education
Use of Other Information Media > Reading Interest and Habits
Physics > Physicists
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Irham Nurhaqim
Date Deposited: 03 Jun 2024 01:29
Last Modified: 03 Jun 2024 01:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88240

Actions (login required)

View Item View Item