Pengaruh sikap sabar terhadap coping stress pada mahasiswa perantau: Studi pada mahasiswa lingkaran mahasiwa Sumatera Selatan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Nurramadhania, Vilda (2023) Pengaruh sikap sabar terhadap coping stress pada mahasiswa perantau: Studi pada mahasiswa lingkaran mahasiwa Sumatera Selatan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (643kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA;.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh jumlah perguruan tinggi di negara Indonesia dengan kualitas dan pilihan yang baik belum tersebar secara merata di setiap pulaunya. Dari banyaknya persebaran perguruan tinggi yang bermutu didominasi bertempatkan di pulau Jawa sehingga untuk mencapai impian duduk di bangku perkuliahan yang baik membuat banyak calon mahasiswa yang memilih untuk merantau ke pulau Jawa. Dengan adanya perubahan budaya, makanan, iklim dan pola pembelajaran tentu saja dapat membuat mahasiswa perantau merasakan stress dan tekanan dikarenakan keperluan untuk beradaptasi. Fenomena tersebut dapat dijumpai dengan nama culture shock. Dengan adanya culture shock tersebut mahasiswa dengan terpaksa mencari cara mengatasi stress. Dikatakan bahwa sikap sabar merupakan upaya pengendalian diri ketika mengalami kesulitan dengan cara tidak mengeluh, tidak gelisah, tidak merasa susah dan berlaku tenang. Coping stress ialah suatu proses yang terjadi pada diri indvidu dimana ia mengalami stress. Proses ini berupa respon individu agar ia bisa saling memberikan toleransi, mengurangi efek dari stress. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif dengan data yang telah dikumpulkan dalam penelitian ini melalui angket yang disebar kepada 50 sampel dengan jumlah pernyataan yang terdiri dari pernyataan sikap sabar 34 dan pernyataan coping stress berjumlah 36 serta, dimuat dalam bentuk google form. Selain itu, data yang diperoleh dalam penelitian ini juga mewawancarai sebagian kecil narasumber dari organisasi daerah Lingkaran Mahasiswa Sumatera Selatan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat bahwa mahasiswa perantau dalam komunitas Lingkaran Mahasiwa Sumatera Selatan yang menjadi objek penelitian ini diantaranya sebanyak 19 responden memiliki sikap sabar yang rendah (38%), sebanyak 16 responden memiliki sikap sabar yang sedang (32%), dan 30 sebanyak 15 responden memiliki sikap sabar yang tinggi (30%). Selanjutnya, mengenai coping stress. sebanyak 16 responden memiliki tingkat coping stress yang rendah (32%). sebanyak 19 responden memiliki tingkat coping stress pada tingkat sedang (38%), dan sebanyak 15 responden memiliki tingkat coping stress yang tinggi (30. Berdasarkan analisis data didapati pula hasil 0,394 < 0,05 dan nilai R square= 0,155 yang artinya sikap sabar berpengaruh terhadap coping stress sebesar 15,5%. Dengan demikian juga dapat disimpulkan sikap sabar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap coping stress.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sikap Sabar; Coping Stress; Mahasiswa Perantau
Subjects: Aristotelian Philosophy
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Hadits dan yang Berkaitan
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Analysis, Theory of Functions
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Vilda Nurramadhania
Date Deposited: 03 Jun 2024 02:27
Last Modified: 03 Jun 2024 08:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88266

Actions (login required)

View Item View Item