Peran mahabbah terhadap coping stress mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi: Studi pada mahasiswa angkatan 2019 Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati

Supriatin, Lilis (2024) Peran mahabbah terhadap coping stress mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi: Studi pada mahasiswa angkatan 2019 Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)

Abstract

Skripsi merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan gelar sarjana, dalam menyelesaikan skripsi tentunya mahasiswa akan mengalami stress. Objek penelitian ini adalah mahasiswa Angkatan 2019 Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Al-Ghazali, mengemukakan bahwa mahabbah tak hanya berbentuk vertikal, tetapi juga mahabbah berbentuk horizontal. Yang mana dalam mahabbah terhadap tuhan yang dapat diperantarai dengan mengategorikan kecintaan memiliki empat tingkatan kualitas cinta yaitu cinta terhadapAllah, cinta terhadap dirinya sendiri, cinta kepada kebaikan seseorang kepada dirinya sendiri dan cinta kepada perbuatan baik meskipun ia tidak memproleh sesuatu darinya. R. S. Lazarus dan Folkman mengemukakan bahwa dalam coping stress ada terbagi menjadi dua fokus, yang pertama fokus terhadap penyelesaian masalahnya dan yang kedua fokus terhadap emosinya. Dalam coping stress yang berfokus pada penyelesaian masalahnya maka mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi ini dapat diselesaikan dengan menghilangkan stressornya atau dapat disebut juga dengan menyelesaikan skripsinya. Sedangkan coping stress yang berfokus pada emosi maka mahasiswa tersebut akan beristirahat sejenak dalam pengerjaan skripsi dan mencari dukungan dari sekitar. Didalam Coping, adanya upaya-upaya yang berorientasi pada mengelola konflik yang berasal dari tuntutan individu maupun lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Mahabbah terhadap Coping stress mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi, mengetahui bagaimana coping stress mahasiswa dan mengetahui apa faktor penghambat dan pendukung dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa Angkatan 2019 Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Universitas Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini melibatkan sebelas orang mahasiswa yang sesuai dengan kriteria penelitan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulannya Mahabbah memiliki peran dalam Coping stress mahasiwa dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa Angkatan 2019 Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati yang dapat dilihat pada hasil penelitian yang menunjukkan bagi mahasiswa yang merasakan ketenangan dan kemudahan saat Mahabbah dalam menyelesaikan skripsi sehingga baik dalam Coping stress.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Mahabbah; Coping Stress; Skripsi
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Stress
Higher Education, Universities
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Lilis Supriatin
Date Deposited: 30 May 2024 07:25
Last Modified: 30 May 2024 07:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88275

Actions (login required)

View Item View Item