Gianisa, Husna (2019) Respon remaja terhadap tayangan animasi Nussa dalam youtube (Studi Deskriptif Pelajar SMP Muslimin 5 Bandung). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (280kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
9_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan ilmu komunikasi sebagai media dakwah terus mengalami kemajuan. Saat ini mediapun berkembang seperti youtube, yang dahulu youtube hanya sebagai media sharing tapi sekarang media youtube bisa dijadikan sarana berdakwah menggunakan metode I’lam. Dalam media youtube terdapat beberapa konten sama halnya media massa sebagai sarana pendidikan, pengetahuan, hiburan dan ekonomi. Dengan metode I’lam yaitu film animasi kini hadir dengan bernuansa Islam, seperti Animasi Nussa yang menarik perhatian remaja di era abad-21 ini. Bagaimana respon remaja terhadap tayangan Animasi Nussa dalam youtube focus peneliti yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perhatian, pemahaman, dan penerimaan remaja SMP Muslimin 5 Bandung terhadap tayangan Animasi Nussa dalam Youtube. Penelitian ini menggunakan teori S-O-R atau Stimulus – Organism – Response. Dimana teori ini berasumsikan bahwa penyebab terjadinya perubahan perilaku tergantung kepada kualitas ransangan. Teori S-O-R ini semula berasal dari psikologi, karena objek material dari psikologi dan ilmu komunikasi adalah sama, yaitu manusia yang jiwanya meliputi komponen-komponen sikap, opini, prilakum kognisi, afektif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penggunaan metode ini dimaksudkan untuk menggambarkan secara jelas tentang respon remaja terhadap tayangan animasi Nussa dalam youtube. Alasan pemakaian metode ini juga karena metode deskriptif dapat memberikan gambaran yang terjadi pada masyarakat saat ini secara empirik fenomenal dan aktual. Data-data dikumpulkan menggunakan angket/kuesioner, wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalis maka hasil yang didapat yakni remaja SMP Muslimin 5 Bandung terhadap tayangan animasi Nussa dalam youtube tingkat responnya adalah bagus/positif dengan presentase perhatian 61,6%, remaja SMP Muslimin 5 Bandung tingkat pemahaman terhadap tayangan Animasi Nussa dengan presentase 58,7% juga tingkat kenerimaan dengan presentase 57,1%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | youtube; animasi; respon; remaja |
Subjects: | Islam Islam > Da'wah Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Robby Nur Hidayat |
Date Deposited: | 31 May 2024 08:37 |
Last Modified: | 31 May 2024 08:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88331 |
Actions (login required)
View Item |