Internalisasi nilai bela negara melalui pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam pembentukan karakter cinta tanah air: Studi kasus di SDN 040 Pasawahan Kecamatan Bandung Kidul Kota Bandung

Rahmatullah, Rizal (2024) Internalisasi nilai bela negara melalui pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam pembentukan karakter cinta tanah air: Studi kasus di SDN 040 Pasawahan Kecamatan Bandung Kidul Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1 (1).pdf

Download (813kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada temuan di lapangan pada saat observasi terdapat pelanggaran dan penyimpangan yang dilakukan peserta didik di SDN 040 Pasawahan. Penyimpangan tersebut seperti, tidak menggunakan atribut sekolah, tidak ada kabar saat jadwal belajar, menyisit-nyisit tangan sebelah kiri, pelecehan seksual, kebiasaan menyontek, kejahatan terhadap teman, dan pacaran di antara sesama peserta didik. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, evaluasi internalisasi nilai bela negara melalui Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam pembentukan karakter cinta tanah air, dan hasil internalisasi nilai bela negara melalui Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam pembentukan karakter cinta tanah air di SDN 040 Pasawahan. Nilai merupakan tolak ukur bagi seseorang untuk bertingkah laku. Bela negara sebagai nilai yang ditanamkan dalam konteks ini menjaga kedaulatan negara berdasarkan kekuatan iman dan taqwa kepada Allah Swt. dan rasul sebagai utusannya serta menjadikan Pancasila sebagai dasar negara. Memasukan nilai bela negara melalui Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti merupakan satu usaha membentuk karakter cinta tanah air berdasarkan tuntunan agama. Membentuk karakter cinta tanah air untuk menjaga diri dari nilai-nilai yang bertolak belakang dengan nilai luhur agama dan negara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Penelitian ini termasuk pada jenis studi kasus instrumental tunggal. Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian kualitatif melalui tiga macam, observasi, wawancara dan dokumentasi yang berasal dari lokasi penelitian. Analisis data yang dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan internalisasi dalam pembentukan karakter cinta tanah air berdasar pada beberapa tahap, dilihat dalam Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, dan Alur Tujuan Pembelajaran dan dibuat modul ajar serta program pembiasaan. 2) Pelaksanaan internalisasi yang dilakukan dalam proses pembelajaran dan program pembiasaan melalui tiga tahapan yaitu, transformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai. 3) Evaluasi yang dilakukan melalui teknik non tes berupa observasi, pengamatan secara berkala, penilaian diri dan penilaian antar teman. 4) Hasil internalisasi muncul sikap positif berupa ikhlas beribadah, kepedulian terhadap sesama, menghargai terhadap keberagaman, pengembangan etika dalam komunikasi dan tanggung jawab terhadap lingkungan. Sikap negatif tidak membawa tumbler, tidak masuk sekolah tanpa izin, perilaku bullying (fisik dan verbal serta seksual), perkelahian, menghina nama orang tua peserta didik dan tidak berpakaian seragam lengkap yang seharusnya dipakai sesuai dengan peraturan sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi; Nilai Bela Negara; Pendidikan Agama Islam; Karakter; Cinta Tanah Air;
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizal Rahmatullah
Date Deposited: 06 Jun 2024 02:28
Last Modified: 06 Jun 2024 02:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88450

Actions (login required)

View Item View Item