Berliana, Azka Zakia (2023) Kualitas pelayanan pencatatan nikah pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (372kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
Abstract
Diantara berbagai kebutuhan masyarakat terkait pelayanan publik, kebutuhan administratif terkait dengan pencatatan pernikahan adalah salah satu kebutuhan pelayanan publik yang dianggap penting di kantor urusan agama (KUA) . Sebagaimana tertuang pada Peraturan Menteri Agama Nomor 20 Tahun 2019 yang berkaitan dengan Pelayanan Pencatatan Nikah, bahwa pernikahan adalah salah satu peristiwa penting yang perlu dicatat agar mendapatkan pengakuan status hukum oleh negara. Namun pada realitanya pelayanan yang diberikan oleh Kantor Urusan Agama Kecamatan Cisolok ini masih dianggap kurang maksimal karena beberapa indikator tidak berjalan sesuai target. Pada tahun 2020 terdapat 732 Pernikahan yang berlangsung, namun hanya 174 peserta bimbingan pra nikah. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Pencatatan Nikah Pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi. Teori yang digunakan pada peneitian ini adalah teori kualitas pelayanan menurut Zeithaml dalam (Hardiansyah). Mietodie pienielitian yang digunakan adalah pienielitian kualitatif diengan mienggunakan piendiekatan dieskriptif. Penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menyampaikan bahwa secara nyata pelayanan pencatatan pernikahan hampir mencapai kualitas yang optimal. Penilaian terhadap aspek ini belum dilakukan untuk memenuhi standar masyarakat karena hanya indikator kinerja petugas yang dinilai memuaskan, sedangkan aspek lainnya masih harus ditingkatkan. Misalnya, infrastruktur di KUA Kecamatan Cisolok yang kurang optimal, yang dikhawatirkan akan menghambat proses pencatatan pernikahan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pencatatan nikah; kualitas pelayanan; pelayanan publik |
Subjects: | Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Nikah Public Administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Azka Zakia Berliana |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 06:11 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 06:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88467 |
Actions (login required)
View Item |