Pengaruh profitabilitas terhadap harga saham perusahaan yang termasuk Jakarta Islamic Index di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022

Hidayat, Asep (2024) Pengaruh profitabilitas terhadap harga saham perusahaan yang termasuk Jakarta Islamic Index di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)

Abstract

Seorang Investor dalam mementukan keputusan investasi di pasar modal harus mempertimbangkan berbagai aspek agar dapat meraih keuntungan. Hal yang bisa dilakukan investor adalah dengan melakukan analisis rasio. Rasio ini digunakan untuk menganalisis harga pasar suatu saham dan faktor apa saja yang dapat mempengaruhinya. Profitabilitas merupakan rasio yang dapat digunakan dalam melihat kinerja perusahaan dari aktiva, modal dan penjualan. Return On Assetss (ROA), Net Profit Margin (NPM), dan Gross Profit Margin (GPM) merupakan indikator rasio yang tergabung dalam rasio profitabilitas serta digunakan dalam menghitung tingkat kemampuan perusahaan dari segi memperoleh keuntungan. Penelitian ini dilakukan karena adanya perbedaan hasil antara penelitian-penelitian terdahulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara profitabilitas yang diwakili oleh Return On Assetss, Net Profit Margin, dan Gros Profit Margin terhadap harga saham dengan menggunakan sampel pada perusahaan yang termasuk dalam Jakarta Islamic Index di Bursa Efek Indonesia tahun2020-2022. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif dan verifikattif dengan pendekatan kuantitatif serta bersumber pada data sekunder, dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 9 perusahaan. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan regresi data panel diantaranya analisis deskriptif, analisis regresi berganda, analisis uji hipotesis (uji t dan uji F) dan analisis determinasi. Pengolahan data awal ditunjang dengan Microsoft Excel 2010 kemudian dibantu menggunakan Software Eviews 12. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Return On Assets memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham, sementara Net Profit Margin dan Gross Profit Margin tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Secara simultan Return On Assets, Net Profit Margin, dan Gross Profit Margin tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham perusahaan yang termasuk Jakarta Islamic Index di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-20222.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas; Return On Assetss; Net Profit Margin (NPM); Gross Profit Margin; Harga Saham
Subjects: Financial Economics, Finance
Public Finance
Accounting > Auditing
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Asep Hidayat
Date Deposited: 06 Jun 2024 06:09
Last Modified: 06 Jun 2024 07:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88470

Actions (login required)

View Item View Item