Strategi Rumah Qur’an dalam meningkatkan kualitas program bacaan dan hafalan santri: Studi desktiptif pada Rumah Qur’an Al Amin, Kota Bandung

Hartanto, Rifqi Naufal Pratama (2024) Strategi Rumah Qur’an dalam meningkatkan kualitas program bacaan dan hafalan santri: Studi desktiptif pada Rumah Qur’an Al Amin, Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy

Abstract

Rumah Qur’an Al-- Amin merupakan lembaga swasta dalam bidang pendidikan non formal yang berkhidmat dalam pemberdayaan remaja dan anak usia dini melalui program tahfidz qur’an secara efektif dan efesien. Rumah Qur’an AlAmin memiliki Qur’an Albudaya kerja yang professional, berkualitas, Amin memiliki programdan religius. Rumah program yang inovasi dan kreativ untuk menjawab tantangan dan problematika sosial saat ini yang mampu bersaing secara kualitas dan kuantitas, kemudian Rumah Qur’an AlAmin juga memili ki para staff pengajar dan pengurus yang tentunya memiliki standar kualitas yang kompeten di bidangnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui meningkatkan kualitas program proses Rumah Qur’an dalam bacaan dan hafalan santri penerapan program , serta , penentuan hasil dan evaluasi dalam meningkatkan kualitas hafalan dan bacaan santri di Rumah Qur’an AlAmin. Penelitian ini berdasarkan teori Marrus mengenai strategi yang didefinisikan sebagai suatu proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus kepada tujuan jangka panjang organisasi, disertasi penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat tercapai oleh organisasi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, serta dengan tiga t dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini program Bacaan) , Rumah Qur’an Al 2) Membuat Program Dirasah Islamiyah Holaqoh eknik pengumpulan data Amin Tahfidz , dan 4) Membuat Program Pelatihan Skill . Adapun penerapan programnya melalui dilanjutkan ke program hafalan Al menunjang pengetahuan tentang ajaran Is dengan program Holaqoh untuk para pengajar. Meningkatkan Kualitas Bacaan dan Hafalan Santri Rumah Qur’an Al program , yaitu observasi, wawancara, , penulis dapat mengetahui bahwa p yaitu: 1) M embuat Pelatihan Tahsin e nentuan (Perbaikan (Hafalan Qur’an) , 3) Membuat Program , 5) Membuat Program perbaikan bacaan yang kemudian Qur’an, dan program Dirasah Islamiyah yang lam dan juga skill, serta dilanjutkan Hasil dan Evaluasi dalam Amin yaitu terdapat peningkatan kualitas mulai dari segi bacaannya hingga ke hafalan AlQur’an yang bertambah di setiap harinya. Adapun hasil yang telah diraih oleh beberapa orang santri yang memang sudah memiliki kesiapan baik dari bacaan maupun hafalan, hasil tersebut biasanya diujikan dalam kegiatan bulanan dan juga tahunan dimana pengujian ini berupa tasmi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Rumah Qur’an Al-Amin;. Program, Qur’an; Kualitas Bacaan; Hafalan
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Rifqi Naufal Pratama Hartanto
Date Deposited: 11 Jun 2024 06:38
Last Modified: 11 Jun 2024 06:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88482

Actions (login required)

View Item View Item