Pengaruh jumlah pembiayaan dan dana operasional terhadap laba perusahaan di PT Bank Permata Syariah periode tahun 2013-2023

Hidayah, Amelia Nurma (2024) Pengaruh jumlah pembiayaan dan dana operasional terhadap laba perusahaan di PT Bank Permata Syariah periode tahun 2013-2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
Untitled1.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh salah satu kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba atau keuntungan dengan semua aktiva yang dimiliki perusahaan itu yang disebut dengan Return on Asset (ROA), karena dengan mengetahui Return on Asset sebuah perusahaan akan berguna utuk memberikan informasi seberapa efisien perusahaan itu dalam menjalankan usahanya. Hal mempengaruhi Return on Asset (ROA) salah satunya adalah Jumlah Pembiayaan yaitu laba bersih suatu perusahaan dan Debt to Equty Ratio (DER) yaitu rasio yang digunakan untuk menilai utang dengan ekuitas. Dengan adanya teori tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti Pengaruh Jumlah Pembiayaan dan Dana Operasional terhadap Laba Perusahaan pada PT Bank Permata Syariah Periode 2013-2023. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Jumlah Pembiayaan secara parsial terhadap Laba Perusahaan, pengaruh Dana Operasional secara parsial terhadap Laba Perusahaan dan pengaruh Jumlah Pembiayaan, Dana Operasional secara simultan terhadap Laba Perusahaan di PT Bank Permata Syariah Periode 2013-2023. Metode dalam penelitian ini yaitu dengan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder runtun waktu (time series) yang diperoleh dari publikasi laporan keuangan PT Bank Permata Syariah Periode 2013-2023. Analisis pada penelitian ini adalah Uji Asumsi Klasik, Analisis Deskriptif, Analisis Regresi Linier (Sederhana dan Berganda). Analisis Korelasi pearson product moment (PPM), Analisis Koefisien Determinasi, dan analisis Hipotesis (Uji T dan F) dan Adapun pengolahan data menggunakan SPSS For Windows Version 29.0 Hasil penelitian menunjukan bahwa Jumlah Pembiayaan secara parsial berpengaruh terhadap Laba Perusahaan dengan koefisien determinasi 88,4% dan thitung sebesar 7,820. Sedangkan Dana Operasional secara parsial tidak berpengaruh terhadap Laba Perusahaan dengan koefisiensi determinasi 4,8% dan thitung sebesar 0,635. Dan pada hal yang sama pengaruh Jumlah Pembiayaan dan Dana Operasional berpengaruh terhadap Laba Perusahaan yakni Fhitung sebesar 26,757 dan koefisiensi determinasi 88,4%, sisanya 23,97% merupakan persentasi dari factor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jumlah Pembiayaan; Dana Operasional; Laba Perusahaan
Subjects: Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Amelia Nurma Hidayah
Date Deposited: 07 Jun 2024 10:08
Last Modified: 07 Jun 2024 10:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88523

Actions (login required)

View Item View Item