Pengaruh pendistribusian dan pendayagunaan zakat produktif terhadap pemberdayaan Mustahik di BAZNAS Kabupaten Tasikmalaya

Alawi, Muhammad Ilham (2024) Pengaruh pendistribusian dan pendayagunaan zakat produktif terhadap pemberdayaan Mustahik di BAZNAS Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (743kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan mustahik yakni salah satu cara yang kemudian dilakukan agar mendorong untuk membantu dan mengembangkan potensi mustahik agar dapat bersikap mandiri didalam melakukan kegiatan usaha bisnis dari dana zakat produktif yang diperolehnya. Dengan adanya pemberdayaan tersebut, maka diharapkan akan munculnya suatu pemahaman, terciptanya suatu kesadaran dan dapat mengubah perilaku hidup masyarakat, serta dapat membentuk suatu sikap kemandirian terhadapnya. Distribusi dalam ilmu ekonomi menerangkan bahwa pemilik ekonomi atau pelaku ekonomi yang menghasilkan kekayaan pembagiannya yaitu telah memproduksi secara aktif. Kegiatan penyaluran zakat juga didalam pendayagunaannya bersifat secara produktif, berupaya mengoptimalkan potensi atau memberdayakan yang dipunyai oleh mustahik, sehingga pada dasarnya mereka mempunyai daya tahan yang sangat baik dalam jangka panjang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1. Untuk mengetahui sebesara besar pengaruh pendistribusian zakat produktif terhadap pemberdayaan mustahik. 2. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendayagunaan zakat produktif terhadap pemberdayaan mustahik dan 3. Untuk mengetahui apakah pendistribusian dan pendayagunaan zakat produktif mempengaruhi pemberdayaan mustahik. Adapun metode yang digunakan adalah deskriftif, yang paling dasar dari bentuk penelitiannya yaitu menunjukkan atau mendeskripsikan suatu fenomena-fenomena yang ada didalamnya, baik itu berupa fenomena yang dibuat oleh rekayasa manusia maupun bersifat alamiah dengan menggunakan metode analisis data penelitian, uji asumsi klasik, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Adapun hasil yang dihasilkan dari penelitian uji T (Parsial) bahwa pendistribusian zakat secara parsial berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan mustahik di BAZNAS Kabupaten Tasikmalaya. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,036 < 0,05 dan th = 2,203 maka Ho1 ditolak dan Ha1 diterima dan pendayagunaan zakat secara parsial berpengaruh terhadap Peningkatan Kesejahteraan Mustahik di BAZNAS Kabupaten Tasikmalaya. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan th = 8,784 maka Ho2 ditolak dan Ha2 diterima.Hasil dari uji koefisien determinasi (R2) bahwa dapat diketahui bahwa nilai R Square atau koefisien determinasi adalah 0,918 = 91,8% yang berarti variable Pendistribusian Zakat Produktif (X₁), Pendayagunaan Zakat Produktif (X₂) mempengaruhi variable dependen Pemberdayaan Mustahik (Y) 91,8% dan sisanya disebabkan oleh factor lain yang tidak termasuk kedalam penelitian ini yaitu sebesar 8,2%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: zakat produktif; mustahik; baznaz
Subjects: Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat Pendapatan, Zakat Profesi
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: M Ilham A M Ilham A
Date Deposited: 10 Jun 2024 04:40
Last Modified: 10 Jun 2024 04:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88553

Actions (login required)

View Item View Item