Fungsi manajemen dalam meningkatkan kegiatan hafalan Al-Qur’an santri: Studi deskriptif di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Purwakarta

Nursyekha, Habib Faris (2023) Fungsi manajemen dalam meningkatkan kegiatan hafalan Al-Qur’an santri: Studi deskriptif di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Purwakarta. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan berbasis islam yang ada di Indonesia, yang di dalamnya mengajarkan berbagai macam pelajaran keagamaan mengenai islam dan sebagai salah satu lembaga yang berperan banyak dalam pendidikan moral dan akhlak yang mulia bagi para santri didalamnya. Fokus dari pesantren Tarbiyah Islamiyah salah satunya adalah menciptakan santri yang dapat menjadi hahfidz al-qur’an, Pembelajaran tahfidz al-qur’an di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah merupakan salah satu upaya sistematik para pendidik pesantren agar dapat menjadikan para santri menjadi hafidz al-qur’an. Penelitian ini menggunakan teori George R. Terry (2006), membagi empat fungsi dasar manajemen, yaitu Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Actuating (Pelaksanaan /Penggerakan) dan Controlling (Pengawasan). Keempat fungsi manajemen ini disingkat dengan POAC. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yang bertujuan untuk menggambarkan dan memberikan penjelasan serta fakta-fakta yang terjadi dilapangan terkait fungsi manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan program dakwah santri. Metode yang dilakukan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi secara langsung. Berdasarkan hasil penelitian fungsi manajemen di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah sudah terjalankan dengan baik, dimulai dari perencanaan yang matang mengenai target hafalan yang ingin dicapai oleh setiap santri disana, pengorganisasian yang efisien yang menempatkan pembimbing yang memang dibidangnya, serta pelaksanaan yang terarah dan tersusun rapih disetiap dimulainya pembelajaran untuk hafalan tahfiz, dan pengawasan yang cermat memberikan landasan yang kuat untuk mencapai tujuan pembelajaran Al-Qur'an. Dengan hal ini pesantren sudah mencapai target yang sudah dikembangkan. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya peran pimpinan pondok pesantren dalam memberikan dukungan, motivasi, dan arahan kepada santri dalam meningkatkan hafalan Al- Qur'an mereka. Kesimpulannya, manajemen yang baik berkontribusi secara signifikan dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas kegiatan hafalan Al- Qur'an santri di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Purwakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fungsi Manajemen; Pondok Pesantren; Tahfidz Al-Quran
Subjects: General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Habib Faris Nursyekha habib
Date Deposited: 14 Jun 2024 06:11
Last Modified: 14 Jun 2024 06:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88556

Actions (login required)

View Item View Item