Hubungan pola asuh ibu yang bekerja dengan tingkat kecerdasan spiritual remaja usia 12-15 tahun: Studi deskripsi di SMP Martia Bhakti Bekasi

Widiastuti, Indah Ayu (2024) Hubungan pola asuh ibu yang bekerja dengan tingkat kecerdasan spiritual remaja usia 12-15 tahun: Studi deskripsi di SMP Martia Bhakti Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy

Abstract

Pada tahap pertumbuhan dan perkembangan anak, tahap remaja awal yaitu usia 12-15 tahun merupakan tahapan yang harus memiliki perhatian khusus dari orantua, pada tahap ini anak sudah mulai berfikir logis dan kritis, karenanya pada tahap ini anak akan mengalami fenomena krisis identitas. namun demikian dibeberapa kondisi sosial terdapat keluarga yang kedua orang tuanya bekerja atau menjadi ibu tunggal, fenomena ibu yang bekerja disebabkan oleh beberapa faktor, seperti ekonomi, pendidikan, sosial, dan kebutuhan aktualisasi diri. peneliti tertarik untuk membahas mengenai pola asuh yang digunakan atau diterapkan oleh ibu yang bekerja kepada anak remajanya yang berusia 12-15 tahun , serta bagaimana tingkat kecerdasan spiritual remaja usia 12-15 tahun yang memiliki ibu yang bekerja. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pola asuh apa yang digunakan oleh ibu yang bekerja kepada anak remaja usia 12-15 tahun, mengetahui tingkat kecerdasan spiritual remaja usia 12-15 tahun yang memiliki ibu yang bekerja, dan mengetahui hubungan pola asuh ibu yang bekerja dengan tingkat kecerdasan spiritual remaja usia 12-15 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode analisi korelasi dengan dua variabel, yakni pola asuh ibu yang bekerja (X) dan tingkat kecerdasan spiritual remaja usia 12-15 tahun (Y). Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 63 siswa SMP Martia Bhakti Bekasi Tahun Ajaran 2023/2024 yang memiliki ibu yang bekerja. Dengan Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment person. Berdasarkan data kuantitatif, bahwa hasil uji korelasi berada pada nilai sebesar 0,296, dengan nilai signifikansi 0,019 < 0,05 nilai tersebut menunjukan bahwa hipotesis alternatif (H₁) diterima dan hipotesis nol (Hₒ) ditolak. Untuk itu hasil penelitian didapat bahwa pola asuh ibu yang bekerja memiliki hubungan dengan tingkat kecerdasan spiritual remaja usia 12-15 tahun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh; Ibu Bekerja; Kecerdasan Spiritual; Remaja Usia 12-15 tahun
Subjects: Psychology > General Publications of Psychology
Differential and Developmental Psychology
Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Human Physiology > Regional Physiology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: indah ayu widiastuti
Date Deposited: 13 Jun 2024 06:22
Last Modified: 13 Jun 2024 06:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88594

Actions (login required)

View Item View Item